Edisi 14-11-2017
Penerbangan Umrah Palembang-Jeddah Full Boked


PALEMBANG – Penerbangan ibadah umrah jalur langsung Palembang-Jeddah menggunakan maskapai Lion Air Group memang baru diresmikan, Senin (13/11), di Bandara SMB II Palembang.

Namun, antusias masyarakat sangat tinggi, terbukti hingga Januari 2018 sudah terisi penuh. Penerbangan langsung tersebut menggunakan pesawat terbaru Boeing 737 Max 8 dengan kapasitas 175 penumpang.

“Ini merupakan harapan masyarakat Sumsel sejak lama, dengan harapan semakin memudahkan masyarakat Sumsel yang hendak melaksanakan ibadah umrah,” ujar Sekda Provinsi Sumsel Nasrun Umar seusai peresmian penerbangan perdana tersebut.

Mantan Kepala Dinas Perhubungan Sumsel menambahkan, jalur ini merupakan hasil pertemuan antara Gubernur Sumsel Alex Noerdin dengan CEO Lion Air Group di Kedutaan Besar RI di Kuala Lumpur lima bulan lalu.

Dalam pertemuan tersebut telah disepakati empat rute baru yang akan dilayani maskapai Lion Air Group, yakni Palembang- Subang, Palembang- Malaka, Palembang-China, dan Palembang-Jeddah. “Dibukanya rute baru ini memberikan suatu nilai tambah luar biasa bagi masyarakat Sumsel dalam melaksanakan ibadah umrah karena memberikan berbagai kemudahan,” katanya.

General Manager Service Lion Air Group Ari Azhari mengatakan, penerbangan Palembang-Jeddah dibuka satu kali dalam sepekan, yakni setiap Senin. “Pesawat yang kami gunakan adalah tipe terbaru Boeing 737 Max 8.

Selama perjalanan hanya dilakukan satu kali pemberhentian untuk mengisi bahan bakar di Trivandrum, India, selama 30 menit dan jamaah umrah tidak perlu turun dari armada,” katanya.

Ketua DPD Association of The Indonesia Tours and Travel Agencies (ASITA) Sumsel Anton Wahyudi mengatakan, selama ini jamaah umrah, terutama lanjut usia, betapa repotnya harus transit saat melakukan perjalanan ke Tanah Suci. Karena itulah pihaknya turut menggagas rute penerbangan ini.

berli zulkanedi