Edisi 14-11-2017
Peringatan HKN, Pemkab Boltim Gelar Operasi Katarak


BOLTIM – Dinas Kesehatan Bolaang Mongondow Timur (Boltim) melakukan operasi katarak di Puskesmas Modayag, Sabtu (11/11).

Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk pencanangan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53. “Kegiatan Germas harus dimulai dari keluarga, seperti rajin olahraga selama 30 menit, makanan sayur-sayuran, serta memeriksa diri rutin ke dokter,” ujar Sekretaris Daerah Muhammad Assagaf dalam acara pembukaan Germas.

Assagaf mengatakan, salah satu kegiatan Germas, yakni operasi katarak dan boboca gratis. Sementara Kadis Kesehatan Eko Warsidi mengatakan, kegiatan Germas merupakan program nasional yang berupaya mewujudkan hidup sehat bagi masyarakat Indonesia.

Khusus di Boltim, kegiatan ini sudah dimulai dengan menggelar jalan sehat, senam, serta pemeriksaan kesehatan dan operasi katarak. “Adanya Germas, animo masyarakat terhadap kegiatan operasi katarak begitu luar biasa sehingga tercatat ada 32 pasien dioperasi pada Sabtu (11/11),” ujar Eko Marsidi.

Eko menambahkan, pihaknya terus menyosialisasikan Germas ke seluruh masyarakat Boltim. Sosialisasi tersebut penting agar masyarakat menyadari dan bisa menjalani cara-cara hidup sehat.

iskandar zulkarnain Ahmad