Edisi 14-11-2017
800 Personel Gabungan Polri-TNI Disiapkan


BANDUNG – Sebanyak 800 lebih personel gabungan Polda Jabar, Polrestabes Bandung, dan Kodam III/Siliwangi siap mengamankan sidang vonis terdakwa kasus pelanggaran Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) Buni Yani di Gedung Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Bandung, Selasa (14/11) hari ini.

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Hendro Pandowo mengatakan, Kodam III/Siliwangi mengerahkan dua regu polisi militer, PoldaJabar500personel, dan Polrestabes Bandung 300 personel. Pola pengamanan diberlakukan seperti biasa. Petugas akan memberlakukan empat ring, dari satu sampai empat.

Ring satu dibagi dalam dua bagian, ring 1A merupakan ruang sidang, dan 1B adalah gedung sidang. Ring 2 kawasan di sekitar gedung sidang dan ring empat jalur-jalur menuju kawasan Jalan Seram. Di ring 3, disiagakan personel Sabhara dan Dalmas untuk mengamankan aksi massa yang diperkirakan akan hadir mengawal persidangan.

Jumlah massa yang bakal menggelar orasi diperkirakan sebanyak 500 orang dari sejumlah organisasi massa (ormas) Islam. Personel juga disiagakan di kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jabar dan Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Jalan RE Martadinata (Riau), masing- masing satu kompi.

“Setiap pengunjung diperiksa barang bawaannya. Mereka tidak boleh membawa masuk tas ke dalam ruangan karena kami tak bisa memeriksa seluruh barang bawaan pengunjung, seperti senjata tajam dan lain-lain.

Selain pemeriksaan manual, kami juga menggunakan metal detector,” kata Hendro didampingi Kabag Operasional AKBP Febry Kurniawan Maruf dan Kasat Intelkam AKBP Tatang, kemarin. Hendro berharap persidangan berjalan lancar tanpa ada insiden yang tak diinginkan.

Karena itu, jumlah pengunjung yang diizinkan memasuki ruang sidang maksimal 100 orang. Wakapolda Jabar Brigjen Pol Supratman mengemukakan, massa pendukung Buni Yani diharapkan tertib dan tak melakukan tindakan anarkistis karena akan merugikan semua pihak, baik bagi Buni Yani maupun masyarakat.

“Saya optimistis persidangan akan berjalan lancar dan aman sebab Polda Jabar dan Polrestabes Bandung akan menyiagakan personel keamanan di lokasi persidangan,” kata Supratman, Jumat (10/11).

agus warsudi