Edisi 14-11-2017
Emil Diminta Segera Putuskan Kepastian Cawagub Daniel


PURWAKARTA – Wakil Bendahara DPD Partai Golkar Jawa Barat yang juga Wakil Bupati Purwakarta Dadan Koswara meminta Ridwan Kamil (Emil) segera memutuskan Daniel Muttaqien sebagai kandidat calon wakil gubernur (cawagub) pendampingnya.

Jika tidak juga menetapkan, Dadan meminta DPP Partai Golkar mencabut rekomendasi terhadap Emil dalam Pilgub Jabar 2018 mendatang. Sebab keberadaan Emil ditenggarai jadi bahaya laten di tubuh Golkar. “Ketika Golkar merekomendasikan Emil sebagai calon gubernur, berarti ada komitmen untuk berpasangan dengan Daniel.

Maka perlu secepatnya diputuskan agar Daniel menjadi pasangannya,” ungkap Dadan, kemarin. Menurut dia, sangat diperlukan kepastian dan sikap tegas dari Emil dalam menentukan pasangannya dalam kontestasi Pilgub Jabar 2018. Permintaan Dadan seperti itu tampaknya bukan tanpa alasan yang kuat.

Terlebih, nama lain pun sempat pula memiliki kans kuat untuk mendamping Emil, salah satunya Bupati Tasikmalaya Uu Ruzanul Ulum yang direkomendasikan PPP. Ketua DPD Partai Golkar Purwakarta Sarif Hidayat menyatakan kesiapannya untuk mengamankan keputusan DPP Partai Golkar terkait rekomendasi Emil-Daniel dalam Pilgub Jabar.

“Sesuai amanat dari Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat Dedi Mulyadi, kami harus mengamankan keputusan DPP. Artinya, kami akan melakukan langkah-langkah pengamanan keputusan itu,” ungkap Sarif. Sementara itu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat bersama Kejaksaan Tinggi (Kejati) dan Polda Jabar mulai bekerja mengawasi pelaksanaan setiap tahapan Pilgub Jabar 2018.

Berbagai indikasi pelanggaran akan dicermati untuk mencegah terjadinya segala bentuk pelanggaran demi terlaksananya Pilgub Jabar yang berkualitas. Ketiga lembaga penegak hukum tersebut akan bekerja sama mulaipencegahan, penanganan, hingga penindakan dalam sebuah wadah yang dinamakan Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Jabar.

“Kita sudah mulai bisa bekerja. Soal sasaran, ya semua tahapan pilkada. Kalau ada yang melanggar ditindak,” tegas Ketua Bawaslu Jabar Harminus Koto dalam Launching Tim Sentra Gakkumdu Jabar di Hotel Bidakara Savoy Homann, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, kemarin.

Sementara itu, Ridwan Kamil mendukung upaya yang dilakukan 12 kelompok relawan Jabar Juara untuk mencari dana pilkada dalam menghadapi ajang Pilgub Jabar 2018 mendatang. Menurut dia, dana tersebut akan dikumpulkan melalui posko 12 kelompok relawan yang saat ini sudah terbentuk.

asep supiandi/ agung bakti sarasa/ yogi pasha