Edisi 14-11-2017
Jokowi Minta Warga Jangan Terganggu


MEDAN– Resepsi pernikahan putri Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kahiyang Ayu dengan Muhammad Bobby Afif Nasution akan digelar di Medan pada 24-26 November 2017.

Presiden Jokowi pun menyampaikan harapannya terkait acara yang digelar di rumah keluarga besar Bobby di Kompleks Perumahan Bumi Hijau Regency, Setiabudi, Medan. “Presiden berharap agar kegiatan resepsi seminimal mungkin mengganggu aktivitas masyarakat.

Untuk itu, saya berharap masyarakat dapat menjaga ketertiban agar acara resepsi tersebut berjalan dengan aman dan lancar,” ujar Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen Cucu Somantri, Senin (13/11). Dalam pengamanan resepsi tersebut direncanakan tidak akan dilakukan penutupan jalan.

Hanya akan ada pengalihan jalan guna mengantisipasi gangguan keamanan dan kelancaran acara. “Tidak ada jalan ditutup, tapi ada pengalihan jalan. Nanti ada tim rekayasa, nanti kita atur,” ucapnya. Meski tak ada penutupan jalan, pihaknya akan memperketat penjagaan di beberapa tempat yang merupakan akses menuju lokasi acara.

Hal itu dilakukan karena sudah menjadi standar operasional prosedur bagi VVIP. “Standarnya memang begitu untuk VVIP,” katanya. Sebelum digelar resepsi, didahului acara pemberian marga Siregar kepada Kahiyang Ayu. Paman Bobby Nasution, Doli Siregar mengatakan, untuk penabalan marga akan dilakukan pada 21 November 2017.

Pemberian marga Siregar kepada Kahiyang karena ibunda Bobby memiliki marga Siregar. “Rencananya penabalan marga dilakukan di kediaman saya, Jalan STM, Kota Medan,” kata Doli. Sementara untuk acara adat akan dilaksanakan pada 24-25 November 2017 dan dimulai pada pukul 06.00 WIB.

Sedangkan untuk resepsi diselenggarakan pada 26 November 2017. “Kami mohon doanya dari seluruh masyarakat agar seluruh prosesinya berjalan baik dan khidmat,” katanya.

Wali Kota Medan Dzulmi Eldin mengimbau masyarakat Kota Medan bisa ikut serta menciptakan suasana yang tertib. “Tentu kita harapkan acaranya bisa berjalan lancar. Kita juga berharap peran serta masyarakat.

Marilah menjaga keamanan dan ketertiban,” kata Eldin. Sementara itu, relawan pendukung Jokowi, Jaringan Kemandirian Nasional (JAMAN), berencana hadir dalam acara itu. Ketua DPD JAMAN Sumatera Utara Robert M Nababan mengungkapkan, ribuan anggotanya yang berada di Sumatera akan dimobilisasi untuk menghadiri acara tersebut.

“JAMAN se-Sumatera akan melakukan konsolidasi untuk memobilisasi seluruh anggota agar bisa menghadiri resepsi pernikahan Mbak Kahiyang dan Mas Bobby di Medan,” ujar Robert dalam keterangan tertulisnya. Robert menjelaskan, pihaknya sudah mendapatkan mandat dari DPP JAMAN untuk mengonsolidasikan struktur JAMAN di seluruh Pulau Sumatera guna mengoordinasikan rencana tersebut.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk rasa cinta relawan kepada Presiden Jokowi. Pada acara resepsi di Solo beberapa waktu lalu, JAMAN menghadirkan anggotanya dari perwakilan seluruh daerah, dengan berbagai moda transportasi seperti bus, mobil pribadi, pesawat, dan kereta api.

sindonews/okezone