Edisi 15-11-2017
Mensos Pastikan Bansos PKH-BNPT Tuntas November


LAMPUNG – Kementerian So sial (Kemensos) menyisir berbagai daerah untuk memastikan pencairan bantuan so sial (bansos) nontunai Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) tuntas tepat waktu pa da akhir November ini.

”Awal November saya ke Ja - wa Tengah, lanjut ke Jawa Ti - mur. Kemudian kemarin saya ke OKU (Ogan Komering Ulu) Ti mur lalu hari ini ke Lam - pung.

Saya ingin memastikan se mua pihak yang terlibat da - lam pencairan bansos PKH dan BPNT all out menyukseskan tar get November tuntas,” te - gas Menteri Sosial Khofifah In - dar Parawansa saat meng ha - diri pencairan bansos di Ge - dung Wanita, Tanjung Karang, Ko ta Lampung, kemarin.

Dalam kesempatan ter se - but, Khofifah melihat lang - sung pro ses pencairan bansos PKH dan BPNT kepada ke - luar ga pe ne rima manfaat (KPM). Dia ju ga berdialog de - ngan KPM ten tang ba gai ma - na pro ses pe ng am bilan uang di agen bank mau pun di ATM, ser ta proses pen cairan ban tu - an pangan.

Kota Lampung merupakan ti tik keempat yang dikunjungi Kho fifah setelah sebelumnya me m antau pencairan bansos PKH dan BPNT di Kabupaten Sra gen, Kota Surabaya, Kota Ma - lang, Kabupaten Ogan Ko me - ring Ulu Timur, dan Kota Lam - pung.

”Rabu (15/11) pagi sa y a akan ke Yogyakarta untuk me - nyaksikan langsung pen cair an PKH dan BPNT,” kata dia. Khofifah mengatakan, pro - g ram penanggulangan ke mis - kinan di Indonesia melalui bans os nontunai PKH terus di - s orot dunia internasional.

Apre siasi positif dari lembaga ser ta komunitas internasional te rus mengalir. Hal ini, lanjut dia, harus men jadi penyemangat bagi se - ge nap tim yang terlibat dalam pe nyaluran bansos, baik ja jar - an Kemensos, Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), mau pun pemerintah daerah agar pada tahun mendatang se ma kin baik dan tepat waktu da lam pelayanan.

”Apalagi tahun 2018 ca k up - an penerima bansos PKH dan BPNT akan ditambah menjadi 10 juta. Ini tentu bukan s e ka - dar penambahan angka, tapi di perlukan komitmen dan ker - ja bersama baik Kemensos, p e - me rintah daerah, Himbara, pen d amping PKH dan BPNT, ser ta para penerima manfaat,” te r ang Khofifah.

dita angga