Edisi 15-11-2017
Piala Dunia 2018 Minim Pemain Bintang


ROMA –Harapan penggila sepak bola melihat banyak pemain bintang meramai kan Piala Dunia 2018 mungkin tidak akan sepenuhnya terpuaskan.

Sejumlah nama beken dipastikan absen lantaran negaranya tidak lolos kualifikasi. Selama tiga perhelatan Piala Dunia ter - akhir, publik bisa menyaksikan maestro lapangan hijau beraksi. Pada edisi 2006, 2010, dan 2014, sejumlah tim tradisional, khususnya dari Eropa, selalu ikut serta. Sayangnya, hegemoni itu harus terhenti.

Penyebabnya adalah tidak adanya Belanda dan Italia. Belanda batal hadir di Negeri Beruang Merah lantaran cuma finis di peringkat 3 saat kualifikasi Grup A. De Oranje ter - singkir karena kalah produktivitas dari Swedia meski menang 2-0 pada laga pe - nutup.

Padahal awalnya, mereka dijago - kan bisa melaju ke Rusia secara langsung, tapi yang terjadi malah sebaliknya. Nasib Italia tidak kalah tragis. Gli Azzurri hanya jadi runner-up Grup G yang mengharuskan mereka melewati playoff agar bisa bertahan.

Sialnya, tim asuhan Gian Piero Ventura itu malah disingkir kan Swedia akibat kalah agregat 0-1. Semua ini karena bermain 0-0 pada leg kedua di Stadion San Siro. Tersisihnya Belanda dan Italia sudah pasti mengurangi banyak pemain ter - nama yang seharusnya tampil di Piala Dunia 2018.

Publik tidak akan bisa menikmati lagi aksi Gianluigi Buffon dan Gianluigi Donnarumma di bawah mistar gawang. Bek tangguh macam Leonardo Bonucci, Matteo Darmian, Giorgio Chiellini, dan Andrea Barzagli, juga harus rela menjadi penonton.

Lalu, gelan - dang beken, seperti Lorenzo Insigne, Daniele De Rossi, dan Stephan El Shaarawy turut urung mengisi lini tengah. Di barisan depan, tidak akan ada Ciro Immobile, Simone Zaza, serta Manolo Gabbiadini. “Ini cara tersingkir yang buruk. Saya tidak tahu harus ber kata apa. Ini hal terburuk yang tidak ingin dilihat siapa pun.

Pelatih juga sudah meng - ucapkan beberapa hal. Tapi, hanya kepada pemain di kamar ganti,” kata Gabbiadini yang ka - barnya memutuskan pen siun dari timnas mengikuti Buffon, Chiellini, dan De Rossi, dilansir football-italia. Terhempasnya Belanda ikut bertanggung jawab atas kondisi ini.

Negeri Kincir Angin memiliki banyak punggawa tenar macam Arjen Robben, Klaas-Jan Huntelaar, Stefan de Vrij, Memphis Depay, Kevin Strootman, sampai Wesley Sneijder. Mereka semua dipasti kan absen pada kompetisi yang akan bergulir pertengahan Juni mendatang. Kenyataan ini menjadi pukulan bagi beberapa pasukannya, terutama Robben.

Saking kecewanya, playmaker Bayern Muenchen itu memutuskan mundur dari timnas. Selan jut - nya pemain berusia 33 tahun itu hanya akan fokus bersama FC Hollywood di Bundesliga. “Saya sudah berusia 33 tahun sekarang. Saya sekarang ber main bersama klub besar di Eropa. Karena itu, saya ingin berkonsentrasi.

Selainitu, sudah saatnya menyerahkan tongkat estafet. Saya merasa terhormat karena bisa membela Belanda di enam turnamen. Momen paling indah adalah saat Piala Dunia 2010 dan 2014,” kata Robben dikutip espn. Masih ada sejumlah pemain kelas dunia yang juga harus mengubur harapan tampil di Piala Dunia 2018.

Itu akibat tersingkir nya Wales, Bosnia & Herze - govina, Austria, Ekua dor, Chile, Slowakia, Aljazair, dan Gabon. Tidak lolosnya Wales membuat harapan Gareth Bale tampil di Piala Dunia untuk pertama kali batal terpenuhi. Padahal gelan - dang Real Madrid menjadi salah satuyangaksi nyapalingdi tunggu.

Hal itu ka rena dia punya prestasi bagus. Dia sudah membantu Los Blancos menjuarai Primera Liga dan Liga Champions. Bale juga sebenarnya sem pat membuat sensasi di kancah internasional, tepatnya saat Piala Eropa 2016. Pada debut nya di event tertinggi Benua Biru itu, BalebisamembawaWalesme laju hingga semifinal.

Sayangnya, hegemoni itu harus ter henti. Sialnya lagi, pemain berusia 26 tahun itu juga di hantam cedera. “Gareth Bale pasti akan semakin terpukul dengan ke ada - an ini. Dia hanya perlu untuk mendapatkan konsistensi lagi dantidak mencoba tergesa-gesa turun ke lapangan. Psikologis pemainterkadangbisater gang gu bila dihantam cedera ber ke pan - jangan,” ucap Pelatih Wales Chris Coleman dikutip BBC.

Pemain bintang lain yang juga harus gigit jari adalah Alexis Sanchez (Chile) dan Pierre- Emerick Aubameyang (Gabon). Ini cukup disayang kan karena keduanya punya nama besar di kompetisi besar di Eropa. Aubameyang saat ini masuk jajaran atas daftar top skor Bundesliga dengan sum bangan 10 gol untuk Borussia Dortmund.

Masih ada sejum lah nama cukup terkenal yang turut tersisih. Mereka di antara nya Jan Oblak (Slovenia), Jasper Cillessen (Belanda), David Alaba (Austria), DaleyBlind(Belanda), GaryMedel (Chile), dan Naby Keita (Guinea). Lalu, Miralem Pjanic (Bosnia & Herzegovina), Marek Hamsik (Slowakia), Henrikh Mkhitaryan (Armenia), serta Riyad Mahrez (Aljazair).

Ketiadaan sejumlah pemain bintang mungkin bisa mengurangi keseruan perhelatan Piala Dunia 2018. Meski demikian, kompetisi terakbar sejagat itu tetap layak disaksikan, mengingat ada banyak pesohor yang hadir di antaranya Cristiano Ronaldo (Portugal) dan Lionel Messi (Argentina).

m mirza