Edisi 15-11-2017
Poros Mahasiswa- Kemitraan sebagai Fondasi


Sektor UKM terbukti mampu meng hadapi tantangan zaman dan krisis yang sering terjadi di dekade terakhir ini.

Ketahanan UKM ber arti ketersediaan lapangan pe ker - ja an bagi masyarakat menengah ke ba wah yang merupakan mayoritas pen duduk Indonesia. Potensi perkembangan UKM di In donesia cukup tinggi dikarenakan ting kat kepercayaan diri UKM yang me ningkat.

Namun, ada kekurangan da ri UKM sendiri, seperti belum sin - kron nya regulasi terkait UKM, ke - siap an fundamental dan mental UKM yang belum maksimal, baik di si - si permodalan, pemasaran, dan ope - ra sional. Dengan tantangan tersebut, UKM harus meningkatkan kesa dar - an dan memaksimalkan porsi peran di le vel nasional dan global melalui pen - dam pingan permodalan dan pen - dam pingan operasional.

Tantangan besar saat ini adalah ba gaimana menghadapi kondisi pa - sar yang cenderung berubah cepat dan dinamis sekaligus akses ke lem ba - ga pendanaan. Sebagai contoh, UKM yang fokus utamanya di sektor pa - ngan. Mereka masih menghadapi se - juml ah tantangan dalam menggarap pa sar domestik.

Hal ini diperlukan re - ko mendasi dan solusi dari pemangku ke bijakan dan pemangku ke pe n ting - an untuk mendukung dan mening - kat kan daya saing produk. Sayangnya selama ini berbagai kebijakan yang dihasilkan pemerintah cenderung biar sektor ekonomi besar.

UKM relatif hanya menjadi pertimbangan, namun di atas kertas peraturan tidak begitu tercermin. Begitu juga dengan kemajuan usa ha bisnis akan terkendala jika ti - dak di du kung kemajuan in fra struk - tur. In fra struktur menjamin pen - dis tri bu si an barang dan jasa ke kon - sumen. In fra struktur yang buruk akan me ning katkan ongkos trans - por tasi.

Masalah infrastruktur ini sudah seejak lama menjadi keluhan karena menyebabkan ekonomi biaya tinggi. Du kung an pemerintah da lam mem per baiki infrastruktur sa ngat ber dam pak dalam m e ning - kat kan kinerja usa ha, baik dari mar - ket ing, pengadaan ba han baku, dan ope rasional usaha lainnya.

Kemajuan infrastruktur akan men jadi modal utama bagi pelaku bis - nis di Indonesia dalam bersaing de - ngan perusahaan asing. Untuk men - ca pai itu, tentu tidak mudah, harus mem bangun venture capital dan men - di dik generasi selanjutnya agar siap meng hadapi tantangan yang terus me ne rus berubah.

Dalam mem ba - ngun fondasi tersebut diperlukan si - ner gi antara pemangku kepentingan se perti lembaga pendanaan, mitra pe - ma saran, masyarakat sekitar, dan lain-lain. Kunci ”kemitraan” me ru pa - kan hal yang penting untuk men ja - min kelangsungan perjuangan ke ta - han an ekonomi ke depan.

Kemitraan akan membuka banyak pintu ke ma ju - an usaha. UKM yang ada sekarang harus mem bangun kemitraan dengan pa - ra peng usaha lain dengan skema in - ves ta si yang saling meng un tung - kan.

Alhasil, nantinya secara ber ta - hap dapat mem bangun jaringan, me ning kat kan kualitas sumber da - ya manusia me la lui pembiayaan pen didikan, dan ju ga menjadi mitra p emerintah dalam mem buka la - pang an pekerjaan serta mem beri kon tribusi langsung me la lui pajak atau kontribusi lainnya.

ABD JALIL

Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro, Wakil Kepala Departemen Adkesma BEM

UI Universitas Indonesia