Edisi 15-11-2017
Poros Mahasiswa- Perkuat Ekonomi Digital


Perubahan zaman yang mulai cepat dengan adanya berbagai alat-alat teknologi yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan nasional.

Dahulu banyak pelaku usaha meng gunakan media-media konv en - sio nal untuk mempromosikan hasil pro duksi serta bangunan-bangunan fi sik sebagai basis usaha. Dengan kon - di si zaman yang kian berkembang pe - sat serta tuntutan zaman yang harus be kerja secara efektif dan efisien, ha - dir nya dunia digital dapat digunakan un tuk pelaku usaha sebagai basis usa - ha online.

Tidak bisa dihindari bahwa me - man faatkan media digital sebagai tem pat usaha sangat banyak yang me - mi nati, perusahaan-perusahaan be - sar berbasis online mulai ber mun cul - an, dimulai dari toko online yang men - jual barang sampai jasa.

Usaha ber ba - sis digital ini pun cukup memudahkan pe laku usaha untuk berkembang ma - ju sehingga dapat menopang eko no - mi nasional dan memiliki prospek se - ba gai salah satu fondasi ekonomi yang berbasis digital.

Produksi barang da pat kita promosikan melalui media-media online, tanpa harus ber - te mu dengan penjual atau pembeli men datangi tempat-tempat usaha un tuk kemudian membeli barang-ba - rang yang diinginkan.

Melalui usaha ber basis digital mampu mem per mu - dah pembeli menemukan barang yang diinginkan, sedangkan penjual de ngan mudah memperkenalkan ha - sil produksinya melalui media-media di g ital online.

Usaha-usaha berbasis digital me - la lui media online ini mulai me ne mu - kan ma sa depan yang cerah bagi siapa pun yang bisa meman faat kan - nya men j adi hal yang dapat me no - pang per eko no mi an. Indonesia sen - di ri se ba gai negara de ngan peng gu - na barang-barang di gi tal dan peng - gu na me dia online di du nia, m a sya ra - katnya ha nya menjadi kon sumen dan bukan pro d usen.

Hari ini pe me - rin tah perlu men dorong para peng - gu na media di gi tal dan online un tuk mem balik lo gi ka konsumen men ja di pro dusen. Ba nyak hal yang dapat di - la kukan dengan meng gunakan me - dia digital dan on line ini.

Perlu penguatan ekonomi digital de ngan membuat peraturan, me nye - dia kan infrastruktur digital, demi mem bangun perekonomian yang le - bih maju. Dunia hari ini di berbagai ne - ga ra berlomba-lomba meman faat kan pe luang ekonomi digital, seperti Ame - ri ka, Taiwan, Jerman, dan negaranegara besar lainnya.

Indonesia turut ha dir dalam memanfaatkan di gital s e - ba gai fondasi ekonomi nasional. Sejalan dengan gagasan Indonesia per lu melakukan terobosan pada eko - n omi digital ini, dengan melihat pe - luang bahwa ekonomi digital me nu - rut pengamat dan Direktur Eksekutif In donesia ICT Institute Heru Sutardi, dari beberapa analisis yang ada, eko - no mi digital dapat berkontribusi 1- 5% dalam pertumbuhan ekonomi.

Kondisi ini juga dapat meningkat se - iring berkembangnya zaman. Pe - luang ini harus didorong untuk dapat di manfaatkan oleh orang-orang di In - do n esia agar benar-benar mem be ri - kan kontribusi atas pertumbuhan eko nomi nasional.

Walau sebenarnya ekonomi di gi tal be lum benar-benar memberi kon tri - bu si terhadap pertumbuhan eko no mi na sional sebagaimana ekonomi kon - ven sional.

Bukan berarti untuk be be - ra pa tahun ke depan usaha-usa ha akan ber alih pada ekonomi digital, ki ta bisa me lihat perkembangan serta mi nat ma syarakat terhadap usaha di gi tal te - lah meningkat pesat dan tidak me nu - tup kemungkinan ekonomi di gi tal akan menjadi fondasi utama eko nomi na sional serta dunia.

Masyarakat dan pemerintah Indonesia perlu me lihat ini sebagai sebuah peluang ce pat untuk se gara dimanfaatkan dan di kelola se - ca ra baik serta dijamin oleh hukum.

HILFUL FUDHUL

Mahasiswa Jurusan Manajemen Dakwah

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta