Edisi 15-11-2017
MNC Kembangkan Innovation Center


JAKARTA– MNC Group saat ini tengah mengembangkan MNC Innovation Center sebagai bagian dari rencana grup dalam mengembangkan bisnis digital.

MNC Innovation Center merupakan satu unit yang dibentuk untuk memastikan bahwa perseroan tetap dalam arah yang benar guna mengembangkan digitalisasi. Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT) memberikan catatan, MNC Group dalam mengembangkan bisnis digital bukanlah sebagai provider untuk jaringan (network provider).

MNC Group tidak akan fokus hanya pada bisnis jaringan semata. ”Tapi ingat, MNC isnotnetwork provider. MNC Groupisnot focusing innetwork. Karena networkitukerjaannya negara, karena bangun networkharus nasional. Jadi, kita masuk ke networkdalam konteks menyajikan service.

Kita tidak dalam posisi network provider,” kata dia dalam acara Town Hall Meeting & IT Workshop Innovation Center di MNC News Center, Jakarta, kemarin. Demi mendukung rencana tersebut, kata dia, aplikasi menjadi hal utama untuk dikembangkan, baik aplikasi untuk penjualan saham secara online (online trading), aplikasi sosial media, travel, ataupun produk perbankan.

”Jadi not the network, tapi produknya sendiri we have to move to digital. Jadi kita harus masuk ke digital product. Media contohnya apa yang bisa didigitalkan produknya,” katanya. Namun demikian, HT menegaskan, MNC Group juga tidak boleh terlalu cepat dan ambisius dalam mengembangkan bisnis digital.

Namun, tetap harus ada peta jalan (roadmap) yang mengawalnya agar berjalan lebih teratur. ”Roadmap itu harus kita pahami 2018 kita ke mana, 2019 ke mana. Kecepatan nggak bagus, kelamaan juga nggak bagus. Perusahaan yang kecepatan masuk digital itu pada jebol.

Jadi, ini the whole concept kita akan ke network sesuai kebutuhan kita. Kita akan ke aplikasi dan innovation centeritu satu unit yang dibentuk untuk kita bisa keepon track dan merealisasikan keikut sertaan kita di digital. Baik untuk hari ini dan masa mendatang,” kata HT.

Di tempat sama, COO Innovation Center & Group CTOMNC Group Yudi Hamka mengungkapkan, teknologi dan informasi (IT) saat ini akan mengambil peran penting dalam bisnis MNC Group. Jika sebelumnya hanya sebagai pendukung infrastruktur, kini IT akan menjadi garda depan pembangunan aplikasiaplikasi digital di MNC Group. ”Sangat penting IT.

Mungkin selama ini lebih di belakang layar lebih jadi back-hand pendukung infrastruktur. Dengan digitalisasi kita akan membangun aplikasi baru dan akan menjadi frontliner digitalisasi,” katanya.

Menurutnya, komitmen MNC Group untuk berkonsep digital juga ditunjukkan dengan rencana pembangunan pusat inovasi MNC (MNC Innovation Center). Dengan pembangunan innovation center , maka akan tercipta solusi dan inovasi baru dalam pengembangan digitalisasi ke depan.

”Dibangunnya MNC Innovation Center untuk menciptakan solusi-solusi baru demi pengembangan digitalisasi ke depan,” kata dia. Ke depan, pihaknya memiliki misi mendukung seluruh pengadaan sistem dan pembangunan infrastruktur digital untuk MNC Group agar bisa terkonsolidasi dengan baik.

”Contohnya, kalau ada salah satu system disuatu company, kemudian ada company lain menginginkansistemyangsama, kita tidak perlu membangun lagi, tetapi kita bisa me-reuse apa yang sudah ada sekarang supaya lebih cepat dan efektif. Jadi lebih cepat efektif dan efisien,” katanya.

sindonews