Edisi 15-11-2017
Sosialisasi Gemarikan Sumut Lomba Masak Ikan


MEDAN - Pemerintah Provinsi Sumut (Pemprovsu) melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Sumut menggelar Lomba Masak Serba Ikan tahun 2017 yang diikuti 17 peserta dari berbagai kabupaten/kota di Lapangan Kantor Gubsu, Selasa (14/11).

Kegiatan ini bagian dari so - sialisasi gerakan me ma sya ra - kat kan makan ikan (Ge mar - ikan) di kalangan masyarakat Sumut. “Program gemar ikan ini sa - ngat baik, karena makan ikan tidak ada efek sampingnya, kecuali ikannya dalam kondisi tidak sehat atau tidak baik.

Maka kita sarankan semuanya makan ikan supaya kita sehat dan dapat meningkatkan daya pikir,” ujar Wagubsu Nur - hajizah Marpaung seusai mem berikan hadiah kepada pe menang Lomba Masak Ser - ba Ikan 2017, kemarin.

Dijelaskan Nurhajizah, prog ram Gemarikan ini diinisiasi Kementerian Kelautan dan Perikanan. Oleh kare na - nya, berbagai institusi pe me - rintah, Dinas Kelautan dan Perikanan Sumut, serta Tim Penggerak PKK harus terlibat aktif menangani masalah pa - ngan yang bersumber dari ke - lautan dan perikanan sebagai upaya mendukung ketahanan pangan Sumut melalui bahan pangan yang berasal dari ikan.

Lebih lanjut dikatakannya, tahun 2016 tingkat konsumsi ikan Provinsi Sumut sebanyak 41,90 kg per kapita per tahun. Angka ini lebih tinggi 0,90 per kilogram per kapita per tahun dari tingkat konsumsi ikan rata-rata nasional, yakni 41 kilogram per kapita per tahun.

“Kita harapkan melalui ke giat - an ini, konsumsi ikan bisa meningkat setiap tahunnya,” ujar Nurhajizah. Dalam Lomba Masak Serba Ikan 2017 digelar dalam dua ka tegori, yakni kategori m a - sakan utama untuk keluarga dan kategori masakan balita serta kudapan.

Chef dari JW Marriot, Broto Wiranta me - nga takan, sesuai dari kese pa - kat an dewan juri, maka yang mem peroleh juara umum da - lam lomba ini adalah Tim Peng - gerak PKK Kabupaten De li ser - dang. Sebab Kabupaten Deli - ser dang meraih dua kejuaraan untuk dua kategori itu.

Sementara untuk pe me - nang kategori masakan utama untuk keluarga, juara harapan 2 dari Tapsel dan juara harapan 1 dari Padang Lawas. Ke mu - dian juara III Kabupaten Batu - bara, juara II Kota Medan, dan juara I Deliserdang. Sedangkan untuk peme - nang kategori me nu balita dan kudapan.

Di ka ta kan Broto Wiranta, untuk juara harapan 2 dari Asahan, juara ha rapan 1 Kabupaten Ser dang bedagai, juara III Deliserdang, juara II Kabupaten Humbang Ha - sundutan, dan juara I Tanjung Balai. Dari pantauan KORAN SINDO, Kabupaten Deli - serdang mampu meraih juara umum dalam kegiatan ini ka - rena bisa mengolah menu ma - kanan serba ikan dengan baik.

Adapun menu yang disajikan terlihat, seperti kerupuk kulit ikan, menu asem pucuk labu, abon ikan, kudapan om busi - kan, yakni kue ombus-ombus yang diisi abon ikan hingga minuman jus cikala.

lia anggia nasution