Edisi 15-11-2017
Bacagub PDIP Masih Tunggu Rekomendasi Megawati


SEMARANG - Rekomendasi dari Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri untuk bakal calon gubernur (bacagub) atau wakil gubernur Jateng di pemilihan gubernur (Pilgub) Jateng hingga kini belum juga turun.

Para bacagub dan bacawagub yang telah mendaftar lewat PDIP pun harap-harap cemas menanti rekomendasi Megawati. Termasuk Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang turut menanti turunnya rekomendasi dari Megawati. Mantan anggota DPR itu mengakui bahwa keputusan Pilgub Jateng 2018 ada di tangan Megawati.

Namun, Ganjar menyatakan apabila tidak direkomendasikan Megawati, dirinya siap mengemban tugas sebagai juru kampanye (jurkam). “Saya siap jadi jurkam bila rekomendasi tidak jatuh pada saya. Kita tunggu keputusan dari Bu Mega sebagai pimpinan partai.

Biar DPP yang menentukan,” ungkap Ganjar kemarin. Sementara, Bupati Kudus Musthofa yang juga mendaftar sebagai bacagub melalui DPD PDIP Jateng, juga mengaku tengah menanti keputusan rekomendasi Megawati. Musthofa menyatakan akan menghormati apa pun rekomendasi Megawati.

Pengamat politik Undip Teguh Yuwono mengatakan, gaung Pilgub Jateng 2018 yang hingga kini masih adem ayem dipicu sejumlah faktor, antara lain para calon harus bertarung melawan kuatnya dominasi PDIP dan petahana Ganjar Pranowo.

“Di Jateng itu lebih didominasi PDIP, bahkan dikenal sebagai kandang banteng,” ungkap Teguh. Dia menjelaskan,, dominasi PDIP di Jateng mengakibatkan partai politik lain harus berpikir ribuan kali untuk ikut meramaikan Pilgub Jateng.

ahmad antoni