Edisi 20-11-2017
Inggris Bakal Miliki Kereta Cepat Bertingkat


LONDON –Pemerintah Inggris tengah mewujudkan operasional kereta cepat bertingkat untuk sejumlah jalur sibuk. Hal ini menjadi solusi bagi transportasi kereta di Inggris yang dinilai sudah terlalu padat.

Pemerintah masih mencari investor untuk membiayai proyek kereta tingkat yang akan mulai diproduksi pada 2020 itu. Salah satu desain kereta cepat tingkat yang dipertimbangkan adalah Aeroliner3000 rancangan Andreas Vogler Studio dan The German Aerospace Center (DLR). Aeroliner3000merupakanpe menangkompetisi rancangan desain kereta cepat bertajuk Tomorrow’s Train Design Today yang digelar Rail Safety and Standards Board bermitra dengan Kementerian Transportasi Inggris beberapa waktu lalu. Desain Aeroliner3000 juga menjuarai Red Dot: Design Concept 2017.

Menurut Vogler, apabila Aero liner3000 berhasil mendapatkan pembiayaan bersama, pada 2020 kereta tersebut akan segera terwujud. “Kita ber harap membawa desain purwarupa kereta itu ke Inggris pada tahun ini,” ujarnya seperti dilansir Daily Star. Tahun lalu Vogler me mamer kan purwarupa gerbong kereta tingkat dengan panjang sembilan meter dalam Innotrans 2016 di Berlin. Innotrans merupakan pameran internasional terbesar di dunia untuk industri kereta api.

Aeroliner3000 mampu melaju dengan kecepatan 402 km/jam. Itu sama saja dengan dua kali lipat kecepatan kereta Virgin Trains. Kereta ini dapat menampung 1.400 penumpang di dua lantainya. Hal ini akan meningkatkan kapasitas penumpang hingga 30% bila dibandingkan dengan kereta umumnya yang sekarang beroperasi di Inggris. Tinggi Aeroliner3000 sudah disesuaikan dengan karakter infrastruktur di sekitar lintasan kereta api di Inggris.

Meski terdiri atas dua lantai, kereta ini tetap dapat melalui jembatan yang rendah dan melintasi terowongan bawah laut pada jaringan kereta api Inggris. Dengan begitu kereta ini dapat langsung melaju di rel kereta yang saat ini sudah ada. Vogler mengungkapkan bahwa visi futuristik dalam benaknya akan terwujud dalam realitas kereta api tingkat dalam beberapa bulan mendatang.

“Desain kereta kita adalah mewujudkan kereta seperti pe - sawat kelas bisnis. Kereta de - ngan ruang kecil, tetapi ku alitas tinggi,” ujar Vogler. “Kita juga mengombinasikannya dengan pencahayaan OLED/LED un - tuk mendukung desain interior ruangan,” imbuhnya. Sebagaimana dilansir Rail - way News, Aeroliner memiliki banyak fitur pintar dan interaktif yang akan memanjakan penumpang di sepanjang per - jalanan. Di antaranya berupa temperatur dan pencahayaan jendela yang dapat diatur sen diri oleh penumpang. Desain interiornya disebut mirip dengan desain jet pribadi, mobil mewah, dan helikopter.

Gerbong kereta tingkat untuk bawah memiliki komposisi kursi 2-2, sedangkan lantai atas 2-1 kursi. “Kami mendesain kereta yang memperhatikanaspekpsikologis sehingga mem berikan kenyaman an bagi penumpang agar bisa mengontrol lingkungan di sekitarnya,” ujar Vogler. Selain mengutamakan ke - nyamanan, desain Aeroliner3000 pun memperhatikan efisiensi serta mengurangi emisi gas CO2. Konsepnya ada - lah kereta inovatif dengan desain ultraringan dengan meng - g u nakan material konstruksi pesawat.

“Dalam dunia penerbangan, berat yang ringan adalah prioritas utama,” sebut Vogler. Bobot konstruksi yang ringan ini diprediksi bisa memicu perubahan dalam dunia perkeretaapian karena kereta umumnya identik dengan berat karena materialnya didominasi besi. Mewujudkankonseppe sawat ke kereta api memang banyak tantangan. Dalam desain pe - sawat, faktor keselamatan dan desain menjadi hal yang sen - sitif. Selain itu faktor konsumsi energi dan kenyamanan pe - num pang juga menjadi per hati - an. “Kita ingin mewujudkan semua faktor itu dalam mem - produksi Aeroliner3000,” ujar Vogler.

Inggris sedang getol membangun jaringan baru kereta api cepat untuk mengatasi ke - padat an penumpang di ber - bagai rute. Dimulai dengan pro - yek High Speed 1 yang dimulai November 2017 dan saat ini High Speed 2 (HS2) antara London, West Midlands, dan North. Tahap I HS2 akan meng - hubungkan London dengan Birmingham, sedangkan fase kedua berbentuk Y akan meng - hubungkan Crewe ke Manchester dan West Midlands ke Leeds. Saat kedua fase selesai pada 2033, akan ada 350 mil jalur baru kereta api.

“Kami berpikir ini adalah saat untuk menciptakan se suatu yang sama sekali baru dan berbeda. Saya yakin kita dapat men - ciptakan efek wow yang diinginkan HS2 ini,” kata Direktur HS2 Henrik Ander berg dalam sebuah pertemuandenganAlstom, salah satu pemain dalam sistem transportasi terintegrasi yang bermarkas di Prancis.

Alstom juga mengusulkan konsep kereta cepat bertingkat kepada Pemerintah Inggris. Anderberg sepakat bahwa kereta tingkat menjadi solusi bagi volume penumpang yang akan terus meningkat. Dia mem prediksi jumlah penum - pang kereta api di Inggris akan berlipat ganda dalam 25 tahun ke depan.

andika hendra