Edisi 20-11-2017
Deretan Prestasi Teknik Manusia Spektakuler


Manusia telah mencapai prestasi teknik luar biasa yang secara kongkret dapat dilihat dengan adanya berbagai bangunan menakjubkan di seluruh dunia. Karya teknik spektakuler itu berupa teknologi maupun struktur buatan manusia yang teknik pembuatannya mengundang decak kagum.

Berikut 10 torehan prestasi teknik manusia paling menggagumkan hingga saat ini.

THE LARGE HADRON COLLIDER (LHC)
Large Hadron Collider (LHC) adalah collider partikel terbesar di dunia dibangun pada 1998-2008 oleh CERN (European Organization for Nuclear Research). Dibangun oleh ribuan ilmuwan dan insinyur dari ratusan universitas lebih dari 100 negara. LHC adalah terowongan sepanjang 27 km (17 mil), kedalaman 175 meter (574 kaki) di perbatasan Prancis dan Swiss. LHC memungkinkan ilmuwan untuk mereproduksi keadaan alam semesta (sangat) sesaat setelah Big Bang dan menguji teori yang relevan. Pada 2013 sebuah percobaan di LHC membuktikan adanya partikel Higgs boson.

STASIUN LUAR ANGKASA INTERNASIONAL (ISS)
Stasiun Luar Angkasa Internasional atau The International Space Station (ISS) diluncurkan pada 1998 dan telah mengorbit bumi sejak saat itu hingga sekarang. Stasiun ini memiliki awak 6 astronot dan merupakan objek buatan terbesar di orbit: panjangnya 72,8 m (239 kaki), lebar 108,5 m (356 kaki) dan tinggi sekitar 20 m (66 kaki). Ini sangat besar sehingga memungkinkan melihat ISS dari bumi dengan mata telanjang. ISS digunakan untuk penelitian di berbagai bidang sains dan akhir-akhir ini kamera HD yang mengirim streaming langsung bumi melalui internet telah terpasang.

TERUSAN PANAMA ( THE PANAMA CANAL)
Terusan Panama adalah keajaiban teknik yang benar-benar menunjukkan bagaimana manusia dapat mengatasi rintangan selama hidup di bumi. Dibangun dari 1881 sampai 1914 (1881 sampai 1904 oleh Prancis, dan kemudian konstruksi diambil alih oleh Amerika Serikat), Terusan Panama adalah kanal kapal buatan sepanjang 77,1 km (48 mil) yang menghubungkan Samudera Atlantik ke Samudera Pasifik melalui Panama. Terusan Panama menciptakan rute penting dalam perdagangan maritim internasional yang mengurangi waktu pengiriman (dan biaya). Kanal tersebut memiliki kunci pada masing-masing ujungnya yang mengangkat kapal ke danau buatan yang disebut Danau Gatun, yang berada 26 meter (85 kaki) di atas permukaan laut.

THE GREAT PYRAMID OF GIZA
Piramid Agung Giza adalah yang tertua dan terbesar di antara 3 piramida Giza. Ini adalah struktur tertua dan satu-satunya yang masih berdiri dari Tujuh Keajaiban Dunia Kuno, dan mengilhami arsitek dan insinyur selama ribuan tahun. Piramid Agung dibangun sekitar 2560 - 2540 SM, dengan ketinggian 146,5 meter (481 kaki) dan terdaftar sebagai situs warisan budaya UNESCO. Struktur yang sangat besar dibangun sepenuhnya dengan menggunakan tenaga kerja manual dan selama berabad-abad telah menjadi sumber perdebatan hebat mengenai teknik yang digunakan untuk membangunnya meski jika dilihat dari tekniknya tak kalah dengan teknik di era modern.

THE CHANNEL TUNNEL (THE CHUNNEL)
Dibuka pada 1994, Terowongan Channel adalah koneksi bawah laut antara Inggris dan Prancis. Menyeberangi Selat Inggris, terowongan ini memegang rekor sebagai terowongan bawah laut terpanjang. Panjang terowongan ini di bawah laut adalah 37,9 km (23,5 mi) dari total panjang 50,5 km (31,4 mi). Terowongan mencapai kedalaman 75 m (250 kaki) dan memungkinkan kereta untuk melakukan perjalanan dengan kecepatan 160 kmh (99 mph). Dengan terowongan ini, perjalanan dari London ke Paris hanya ditempuh dengan waktu 2 jam 15 menit.

TEMBOK BESAR CHINA (THE GREAT WALL OF CHINA)
Tembok Besar China adalah struktur terpanjang buatan manusia, yang membentang sepanjang 8.850 kilometer. Dibangun pada abad ke-14 untuk melindungi perbatasan utara Kekaisaran China dari serangan suku-suku nomaden. Tembok Besar China merupakan prestasi luar biasa yang menunjukkan ketekunan dan kemampuan Kekaisaran China era itu.

HOOVER DAM
Dibangun pada 1931 sampai 1936, selama Great Depression, bendungan Hoover (Hoover Dam) adalah salah satu bendungan beton spektakuler. Ini mungkin bukan salah satu bendungan terbesar di dunia saat ini namun konstruksi bendungan yang berada di tengah padang pasir Nevada, Amerika Serikat (AS) sungguh luar biasa. Bendungan ini menyediakan listrik ke Nevada, Arizona, dan California.

BURJ KHALIFA
Pada awal 2015, bangunan Burj Khalifa yang menjulang di Dubai merupakan gedung dengan struktur tertinggi di dunia (tinggi 828 meter (2.717 kaki) dengan 163 lantai). Selesai dibangun pada 2010, Burj Khalifa merupakan prestasi teknik sangat luar biasa karena selain rancanganya berbeda dengan gedung-gedung tinggi lain, bangunan ini juga dibuat tahan terhadap gempa bumi, angin kencang dan bahaya lainnya

THE MILLAU VIADUCT
Pembangunan jembatan menjadi salah satu solusi mengatasi hambatan alam seperti sungai dan ngarai. Hingga saat ini teknologi pembuatan jembatan telah mencapai perkembangan yang spektakuler. Pada 2015, kecanggihan teknologi jembatan itu bisa dilihat dari dibangunanya Jembatan Millau Viaduct di Prancis. Dengan tinggi 343 meter (1.125 kaki), Millau Viaduct merupakan jembatan tertinggi di dunia dimana ketinggiannya juga melebihi Menara Eiffel. Dibuka pada 2004, jembatan berjumlah 4 jalur ini adalah jembatan kabel yang membentang di lembah Sungai Tarn dekat Millau di Prancis selatan.

DELTA WORKS FLOOD BARRIER AND THE OOSTERSCHELDEKERING
Delta Works adalah proyek penghalang banjir terbesar di dunia dan salah satu penghalang buatan terbesar sepanjang sejarah. Proyek penghalang banjir di Belanda ini terdiri dari sejumlah sarana termasuk bendungan dan rintangan gelombang. Oosterscheldekering (gelombang badai Scheldt Timur) adalah salah satu hambatan gelombang dengan panjang 9 km (5,6 mil), dimana ini adalah penghalang lonjakan terbesar di dunia. Delta Works sangat penting bagi Belanda karena lebih dari seperempat wilayah negeri ini berada di bawah permukaan laut.
Sumber :10mostoday.com

PROYEK-PROYEK TERMAHAL DI DUNIA

THE US INTERSTATE HIGHWAY SYSTEM
Pada 2015, sistem jaringan jalan tol ini telah membebani pembayar pajak senilai USD459 miliar atau sekitar Rp6.345,6 triliun. Proyek ini dimulai pada 1956. Pembangunan melibatkan pembuatan rute baru dan mengubah rute lama menjadi interstate.

KASHAGAN FIELDS
Kashagan Fields adalah proyek pengeboran minyak di Laut Kaspia, dan mewakili penemuan minyak terbesar dalam 40 tahun terakhir. Untuk membuat proyek ini membutuhkan investasi sekitar USD116 atau setara Rp 1.608 triliun. Operasional dari sumur minyak ini diperkirakan bisa memproduksi 90 ribu barel per tahun mulai 2017.

KING ABDULLAH ECONOMIC CITY (KAEC)
King Abdullah Economic City (KAEC) diperkirakan menelan biaya pembangunan senilai USD86 miliar atau sekitar Rp1.188 triliun. Berjarak 1 jam dari Mekah, KAEC akan menjadi objek wisata baru terbesar untuk Arab Saudi.

DUBAILAND
Konstruksi dari proyek ini sempat dihentikan pada 2008 karena krisis keuangan di Dubai, dan dilanjutkan kembali pada 2013. Investasi proyek sejauh ini mencapai USD76 miliar lebih atau mencapai Rp1.050 triliun lebih. Jika selesai, proyek ini akan menjadi salah satu tempat hiburan terbesar dan paling mahal di dunia.

SONGDO INTERNATIONAL BUSINESS DISTRICT
Proyek ini dibangun di atas tanah reklamasi laut di Seoul, Korea Selatan. Songdo IBD diperkirakan menelan biaya lebih dari USD40 miliar atau sekitar Rp553 triliun. Ini akan menjadi "kota pintar" lain dari yang lain, lengkap dengan wifi di mana-mana, tanaman daur ulang otomatis, dan inovasi teknologi lainnya.

PROYEK INFRASTRUKTUR RAKSASA CHINA PINGTANG TELESKOP CHINA
Selesai dibuat pada September 2016, China Pingtang teleskop sekarang menjadi teleskop radio terbesar di dunia. Teleskop ini memiliki ketinggian 1.640 kaki dan mampu menangkap sinyal lebih dari 1.000 tahun cahaya dari Bumi.

GOTTHARD BASE TUNNEL SWISS
Setelah melakukan konstruksi selama 17 tahun, Gotthard Base Tunnel akhirnya dibuka di Swiss pada 1 Juni 2016. Memiliki panjang 35 mil, Gotthard Base Tunnel merupkan terowongan kereta api terpanjang dan terdalam di dunia.

HYDERABAD METRO RAIL
Hyderabad Metro Rail (HMR) adalah sistem kereta ringan di Kota Hyderabad India. Proyek berbasis rel itu merupakan pekerjaan dengan konstruksi layang terbesar di dunia. Pemerintah India yang bekerja sama dengan swasta menargetkan HMR sepanjang 72 kilometer beroperasi pada 2017.

ITAIPU DAM
Pada 2015, Itaipu Dam di perbatasan Brasil dan Paraguay menghasilkan 89,5 TWh energi. Bendungan ini menjadi salah satu bendungan terbesar di dunia. Bendungan ini memasok 75% dari total energi Paraguay dan hampir 20% kebutuhan energi di Brasil.

LONDON CROSSRAIL
Proyek Crossrail London adalah proyek konstruksi terbesar yang pernah dilakukan di Eropa. Ini melibatkan 10 jalur kereta api baru dan menghubungkan 30 stasiun yang ada melalui terowongan baru. Proyek ini akan mulai beroperasi pada 2017, dan beroperasi penuh pada 2020. Sumber: Richest

Koran Sindo/Hardiansyah