Edisi 20-11-2017
Diplomasi Budaya Bisa Tingkatkan Ekonomi


JAKARTA - Wakil Ketua DPR Fadli Zon mendorong Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Ukraina un tuk meningkatkan dan terus mengembangkan diplomasi budaya.

“Budaya bisa jadi pintu masuk bagi pe ningkatan hubungan di - plomatik, termasuk ekonomi dan bisnis,” katanya saat berdialog dengan Dubes RI di Ukraina Yuddy Chrisnandi di Kantor Kedutaan RI di Kiev, pekan lalu. Dialog ini merupakan ba - gian rangkaian kegiatan mu - hibah Wakil Ketua DPR di Ukraina. Fadli Zon didam - pingi anggota Fraksi PKS Nasir Djamil dan anggota Frak si Gerindra Nurzahedi Tan jung dan Irgan Chairul Mah fiz dari Fraksi PPP. Fadli Zon mengatakan bahwa ba - gi Eropa bagian timur, ter - ma suk warga Ukraina, posisi budaya ini sangat tinggi. Bu - daya merupakan hal pen - ting, bahkan utama, dalam kehidupan mereka.

“Maka penyelenggaraan festival dan pameran untuk me nge - nalkan Indonesia ke ma sya - rakat umum Ukraina sangat tepat. Pameran wisata, bu - da ya, termasuk kuliner, ha - rus diperbanyak,” ucapnya. Dubes Yuddy menyam - pai kan, kunjungan delegasi DPR ini dalam rangka pe - ningkatan hubungan bila - teral parlemen Indonesia- Ukraina. Selama kunjungan tersebut delegasi di agenda - kan bertemu berbagai pihak, termasuk anggota parlemen Ukraina.

Dalam kesempatan ter - sebut Koordinator Fungsi Penerangan Sosial dan Bu - daya (Pensosbud) KBRI Kiev, Gatot Amrih Djemirin, me - nyampaikan bahwa pada ta - hun 2018 akan diadakan Fes - tival Indonesia di Kiev, yang memadukan kegiatan buda - ya dan pameran da gang.

sunu hastoro