Edisi 07-12-2017
Kebakaran California Ancam Lebih 12.000 Rumah


VENTURA – Kebakaran yang kian tak terkendali mengancam lebih dari 12.000 rumah di wilayah Ventura, California, kemarin.

Angin kering dan panas semakin membuat api cepat menyebar ke wilayah sekitar. Kondisi berbahaya itu memaksa ribuan warga mengungsi demi keselamatan. Kebakaran yang disebut Thomas Fire itu terjadi di wilayah perbukitan dan Kota Ventura sekitar 50 mil barat laut Los Angeles.

Saat ini kebakaran telah menghanguskan lahan seluas 50.000 acre. “Kami masih pada pertengahan perjuangan melawan api yang agresif dan aktif di lapangan. Jika angin menguat, kami akan menghadapi tantangan besar,” kata Robert Welsbie, Juru Bicara Departemen Pemadam Kebakaran Ventura dikutip kantor berita Reuters.

Kebakaran itu semakin sulit dikendalikan akibat angin Santa Ana yang tak bisa diprediksi. Angin itu bertiup dari Gurun California. Kecepatan angin mencapai 115 km per jam kemarin dan tetap kuat sepanjang pekan ini. Belum ada laporan korban tewas atau korban terluka akibat kebakaran itu.

“Warga telah melakukan pekerjaan luar biasa untuk melaksanakan perintah evakuasi kami, keluar dari zona bahaya dalam waktu yang sangat tepat,” ungkap Welsbie. Sebanyak 1.000 pemadam kebakaran berjuang menyelamatkan rumah-rumah dari kebakaran.

Seorang pemadam kebakaran menderita luka ringan dan telah dirawat jalan. Gubernur California Jerry Brown mendeklarasikan keadaan darurat untuk mengucurkan dana dan sumber daya pemerintah dalam proses penanganan kebakaran itu. Lebih dari 250.000 rumah tidak mendapat aliran listrik.

Semua sekolah di Ventura Unified School District diliburkan kemarin. Thomas Fire merupakan yang terbesar dari beberapa kebakaran melanda California Selatan setelah embusan angin Santa Ana.

Di San Fernando Valley, utara Los Angeles, kebakaran yang disebut Creek Fire telah menghanguskan lebih dari 11.000 acre lahan dan memaksa evakuasi 2.500 keluarga. Beberapa arus lalu lintas ditutup untuk menghindari terjebak asap dan kebakaran.

Tiga pemadam kebakaran terluka dan telah dibawa ke rumah sakit. Saat ini mereka dalam kondisi stabil. Wali Kota Los Angeles Eric Garcetti mendeklarasikan keadaan darurat di kota itu saat 11 sekolah Los Angeles Unified diliburkan kemarin.

“Sebanyak 30 gedung hancur akibat kebakaran Creek Fire pada Selasa (5/12) malam,” kata Departemen Pemadam Kebakaran Los Angeles. California sangat rawan kebakaran akibat kondisi alam dan cuaca di sana. Angin dari Gurun California bersifat kering dan panas sehingga mudah memicu kebakaran saat melintasi semak kering dan lahan terbuka di California.

muh shamil