Edisi 07-12-2017
Empat Kader Bersaing Jadi Calon Ketua DPR


MENDEKATNYA agenda Mu sya warah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Partai Golkar ikut menghangatkan persaingan calon ketua DPR untuk menggantikan Setya Novanto.

In ternal Golkar sudah me nge muka sejumlah nama yang di ni lai berpeluang men - jabat ke tua DPR. Mereka adalah Ketua Ko mi - si III DPR Bambang Soesatyo, Ketua Badan Anggaran DPR Azis Syamsudin, Ketua Komisi II DPR Zainudin Amali, dan Sekretaris Fraksi Partai Golkar Agus Gumiwang Kar ta sas mita.

Wakil Ketua Dewan Pakar DPP Partai Golkar Mahyudin mengakui menguatnya sejum - lah nama anggota fraksi ini. Dia tidak bisa menilai siapa yang paling berpeluang karena po - sisi ketua DPR juga bergantung pada kepentingan dan di na mi - ka di munaslub mendatang.

“Ti dak bisa diprediksi siapa yang menjadi ketua DPR, ka - rena nanti pasti ketua umum ter pilih berharap ketua DPR itu ada lah yang bisa bekerja sama de ngan baik dengan pimpinan Gol kar,” kata Mahyudin di Ge - dung DPR, Jakarta, kemarin. Karena itu, menurutnya, su dah barang tentu posisi ketua DPR ini akan ditentukan pas ca pemilihan ketua umum baru.

Meskipun ada desakan dari fraksi-fraksi di DPR dan Mah ka mah Kehormatan De - wan (MKD), hal itu tidak me - me nga ruhi karena posisi ketua DPR merupakan hak Golkar. “Boleh-boleh saja mereka men - de sak. Memang haknya Golkar kan. Dan, pimpinan DPR itu kan kolektif.

Kalau ketua ber - ha langan masih ada empat lainnya,” tandasnya. Pelaksana Tugas Ketua Umum Golkar Idrus Marham mengatakan, semua anggota fraksi Golkar di DPR punya pe - luang untuk menduduki kursi ketua DPR. Namun, Golkar saat ini masih fokus pada agen - da pelaksanaan munaslub dan po sisi ketua DPR akan di pu - tuskan nanti.

“Punya peluang semua, tentu nanti akan kita bicarakan,” kata Idrus. Namun, dari empat nama yang beredar, Bambang Soesatyo termasuk yang banyak mendapat du - kungan. Ketua Pimpinan Pusat Ang - katan Muda Partai Golkar (PP AMPG) Bidang Politik Syah - mud Ngabalin mengatakan, Bam bang Soesatyo dinilai la - yak karena berhasil selama me - mimpin Komisi III DPR Bidang Hukum dan HAM.

Modal Bambang menurut dia adalah ka - rak ter komunikasinya yang baik dengan seluruh kalangan. “Banyak nama memang, na - mun Bambang Soesatyo bisa di pastikan mampu menciptakan komunikasi efektif pada lembaga legislatif,” kata dia. Fraksi PPP juga menilai Bambang Soesatyo layak memim pin parlemen.

Sekretaris Jenderal PPP Arsul Sani me ni - lai pengganti Novanto perlu mem punyai visi, misi, dan sikap yang baik untuk meng - ang kat marwah DPR. Selain itu, harus lebih menge de pan - kan sikap kenegarawanan ke - tim bang sikap sebagai politisi.

“Yang pas adalah pribadi yang bijak bagi semua anggota DPR dan merupakan personifikasi dari fraksi-fraksi. Jadi ti - dak hanya merepresentasikan ke pentingan fraksinya saja,” kata Arsul di Kompleks Par le - men, Jakarta, kemarin. Sementara itu Zainudin Amali enggan berandai-andai ter kait wacana pencalonan di - ri nya sebagai ketua DPR.

Me - nurutnya, urusan partai masih sangat banyak dan masih ba - nyak juga kader lain yang lebih mampu daripada dirinya. “Se - kali lagi, saya akan konsentrasi untuk mengurus tugas-tugas di Komisi II. Silakan partai me - nilai dan menugaskan siapa pun kita akan beri dukungan,” tan dasnya. Informasi yang di him pun, nama calon ketua DPR yang saat ini muncul su dah ber ge - rilya menggalang du kungan.

kiswondari