Edisi 07-12-2017
Siap Menangkan Derby


MANCHESTER– Manchester United (MU) sudah siap menyambut Manchester City (Man City) di Old Trafford.

Kemenangan 2-1 atas Spartak Moscow dijadikan sebagai sinyal ancaman kepada The Citizens. MU berhasil menyelesaikan misi pertama dengan lolos ke babak 16 besar Liga Champions sebagai juara Grup A.

Kontribusi Romelu Lukaku (64) dan Marcus Rashford (66) yang membalas gol Victor Vitinho (45) di Old Trafford, Rabu (6/12), membuat Setan Merah mengoleksi 15 poin dan unggul 12 angka dari FC Basel. Ini berarti pertama kalinya lagi MU melaju ke babak gugur Liga Champions sejak 2013/2014.

Pasalnya, saat partisipasinya pada edisi 2015/2016,laju The Red Devils terhenti di penyisihan grup. Atmosfer positif inilah yang sedang dicari Juan Mata dkk. Hal ini bisa dijadikan pemacu motivasi saat nanti melakoni derbyManchester di Old Trafford, Minggu (10/12).

“Saya sangat gembira dengan hasil ini. Karena, saya tidak ingin lolos (ke babak gugur Liga Champions) dengan menelan kekalahan serta performa buruk. Kami tetap ingin bermain bagus dan meraih kemenangan.

Kami menunjukkan sikap tidak ingin kalah,” ucap Pelatih MU Jose Mourinho, dilansir Skysport. MU berhasil menundukkan Spartak meski tertinggal dulu. Kemenangan ini tentu sangat berarti bagi MU. Itu membuktikan para pemainnya punya mental baja.

Terlebih hasil ini meneruskan hegemoni yang mana sekarang telah mencatat empat kemenangan beruntun di semua kompetisi. Lalu, yang paling penting adalah MU terus menjaga tuah Old Trafford.

Menurut statistik, mereka kini belum terkalahkan selama 40 laga kandang resmi di semua kompetisi. Itu menjadi catatan terbaik dalam sejarah klub. MU memulai rekor tersebut setelah melibas Leicester City 4-1 pada 24 September 2016.

Tapi, jika dibandingkan musim lalu yang cukup banyak meraih hasil imbang, catatan kali ini jauh lebih baik. Terbukti, selama 12 jamuan terbarunya berujung kemenangan. Selain Spartak, klub lain yang pernah jadi tumbal keangkeran Old Trafford adalah Benfica (2-0), Tottenham Hotspur (1-0), dan Everton (4-0).

Ketangguhan MU ketika berstatus tuan rumah jelas jadi alarm bagi Man City. Itu bisa saja jadi penghalang bagi The Citizensyang ingin memecahkan rekor sebagai tim pertama yang membukukan 14 kemenangan beruntun di Liga Primer.

Itu sedikit banyak mengurangi beban Mourinho. Maklum, pelatih asal Portugal itu kemungkinan tidak bisa menurunkan sejumlah pilar, salah satunya Paul Pogba yang menerima skorsing tiga laga. Mourinho juga menyatakan ada enam pemainnya yang masih cedera dan berpotensi absen kontra Man City.

“Eric Baily tidak punya kans untuk tampil akhir pekan ini. Tapi, Phil Jones berpeluang. Marouane Fellaini mungkin saja tampil. Lalu, Zlatan Ibrahimovic punya kesempatan besar bermain. Nemanja Matic juga masih cedera, tapi dia bakal tampil.

Sementara Michael Carrick dipastikan absen,” papar Mourinho. Meski kekurangan amunisi, Mourinho mengaku tidak panik. Dia tetap tenang karena sejumlah pemainnya bermain bagus, di antaranya Lukaku dan Luke Shaw.

Hal ini membuat arsitek asal Portugal itu siap mengambil risiko dengan menurunkan Ibrahimovic sebagai starter untuk pertama kali setelah pulih dari cedera lutut.

m mirza