Edisi 07-12-2017
Momentum Gattuso


RIJEKA – Gennaro Gattuso masih mencari formula ideal untuk skuad AC Milan.
Laga pamungkas Grup A Liga Europa kontra wakil Kroasia HNK Rijeka dini hari nanti menjadi momentum tepat untuk melakukan eksperimen. Milan telah memastikan diri lolos ke babak 32 besar. Saat ini, I Rossoneri memuncaki klasemen sementara Grup D dengan 11 poin.

Dari lima pertandingan, mereka mengemas tiga kemenangan dan dua imbang. Artinya, laga tandang nanti sudah tidak menentukan. Dengan demikian, Gattuso bisa leluasa menganalisis kekuatan dan kelemahan timnya.

Maklum, di laga kompetitif pertamanya, penerus Vincenzo Montella itu hanya meraih satu poin saat Milan ditahan 2-2 oleh Benevento pada laga Seri A, Minggu (3/12). Gattuso mengakui jika performa Milan masih jauh dari harapan.

Tapi, dia memuji mentalitas pasukannya yang dianggap sangat kuat dan pantang menyerah. “Permainan kami (saat melawan Benevento) memang tidak hebat. Tapi, saya melihat tim ini mampu mengatasi penderitaan di saat-saat sulit,” kata pelatih berusia 38 tahun itu, dilansir Football-Italia.

Karena itu, Gattuso optimistis Milan akan segera menemukan skema terbaik terutama saat menghadapi Rijeka. Meski dipastikan tidak diperkuat tiga pemain, yakni Hakan Calhanoglu, Jose Mauri, dan Gustavo Gomez karena cedera, Gattuso yakin Milan bisa meraih tiga poin.

Ambisi Milan meraih poin penuh didukung statistik. Wakil Seri A itu sempat menang 3-2 di pertemuan pertama, September lalu. Selain itu, penampilan Rijeka juga kurang oke.

Pasukan Matjaz Kek menempati dasar klasemen sementara Grup D. Nestapa kian bertambah lantaran mereka takluk 1-2 dari Hajduk Split pada lanjutan Liga Utama Kroasia, Minggu (3/12).

alimansyah