Edisi 07-12-2017
Jatim Borong Tiga Penghargaan Dana Rakca


JAKARTA – Pemprov Jatim meraih penghargaan Dana Rakcadari Menteri Keuangan. Penghargaan diserahkan Presiden Joko Widodo kepada Gubernur Jatim Soekarwo di Istana Kepresidenan, Bogor, kemarin.

Bukan hanya tingkat provinsi, Jawa Timur juga mendominasi penghargaan untuk tingkat kabupaten/kota. Untuk tingkat kabupaten diraih Kabupaten Banyuwangi dan Mojokerto. Sedangkan untuk kota diraih Kota Surabaya dan Kota Batu yakni penghargaan Dhanapala.

Jatim dinilai memenuhi berbagai kriteria utama penerima Dana Rakca Award, di antaranya pemerintah daerah telah mendapatkan opini WTP atau WDP dari BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) dan bisa menetapkan Perda APBD tepat waktu.

Hasil capaian tersebut juga menjadi dasar penghitungan Dana Insentif Daerah (DID) 2017 yang didasarkan pada kinerja keuangan daerah, melalui pendekatan yang mengedepankan tiga indikator, yaitu kesehatan fiskal dan pengelolaan keuangan daerah, layanan dasar publik dan ekonomi serta kesejahteraan.

Bagi daerah yang memperoleh opini WTP dari BPK atas LKPD dan penetapan Perda APBD bisa tepat waktu, pemerintah juga memberikan alokasi DID minimum sebesar Rp7,5 miliar per daerah.

Anugerah “Dana Rakca” Tahun2017diberikan untuk memberikan apresiasi dan penghargaan kepada daerah yang berkinerja baik dalam aspek pengelolaan keuangan daerah, penyelenggaraan layanan dasar publik dan perekonomian daerah.

Melalui Dana Rakca Award diharapkan dapat mendorong daerah untuk mengembangkan inovasi dan kreativitas dalam membangun daerah, sesuai dengan karakteristik daerah masing- masing untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan kesejahteraan masyarakat.

“Saya mengucapkan terima kasih atas kerja bagus dari Pemerintahan Daerah Jawa Timur, khususnya jajaran Pemprov dan DPRD. Semoga kinerja yang dilakukan Pemerintahan Daerah Jatim mampu memberikan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata Soekarwo.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas yang juga mengucapkan terima kasih karena kinerja yang dilakukan di Banyuwangi dilihat oleh pemerintah pusat. “Terima kasih Pak Jokowi dan Ibu Menteri Keuangan.

Ternyata yang dilakukan Banyuwangi dipotret dan diapresiasi pemerintah pusat,” kata Anas saat dihubungi. Penghargaan ini, lanjut dia, merupakan kebanggaan sekaligus pemicu semangat untuk terus mengembangkan daerah dalam rangka menyukseskan Nawacita Presiden Joko Widodo. Dia juga berterima kasih ke Gubernur Jatim Soekarwo dan Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf yang selama ini terus membantu pengembangan Banyuwangi.

Semarang Raih Penghargaan Serupa

Penghargaan serupa juga diraih Pemerintah Kota Semarang, Jawa Tengah. Upaya Wali Kota Semarang Hendar Prihadi dalam memaksimalkan pembangunan Kota Semarang beberapa tahun terakhir mendapat apresiasidari pemerintah pusat.

Pada tahun ini, hanya ada tiga kota se-Indonesia yang menerima penghargaan tersebut, yaitu Kota Semarang, Kota Depok, dan Kota Surabaya. Sedangkan untuk kabupaten yang mendapatkan penghargaan tersebuthanya Kabupaten Karanganyar, Banyuwangi, dan Kabupaten Bandung.

Wali Kota mengatakan, untuk membangun wajah Kota Semarang, kunci terpenting adalah partisipasi masyarakat. “Pola pembangunan partisipatif. Masyarakat yang menginisiasi, kita yang memfasilitasi,” tutur Wali Kota.

masdarul kh/ andik sismanto/ lukman hakim