Edisi 08-12-2017
Program BBM Satu Harga


Melalui program Bahan Bakar Minyak (BBM) Satu Harga yang tengah dilakukan oleh pemerintah, harga BBM akan sama seperti di Jawa, yaitu premium Rp6.450/liter dan solar Rp5.150/liter.

Melalui Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian Energi dan Sum ber Daya Mineral (ESDM), Per tamina, Komisi VII DPR RI, ser ta pihak yang terlibat dalam pe ngembangan program ini akan disalurkan BBM dengan ha r ga yang sama seperti pada Pu lau Jawa ke daerah 3T (Ter - ting gal, Terdepan, dan Terluar) se banyak 54 titik. Sebagai gambaran, se be - lum ada nya program ini, har - ga BBM di beberapa daerah 3T di jual rata-rata di atas Rp10.000 per li ter nya, bah - kan sampai ada yang Rp100.000 per li ter nya. Un - tuk dae rah Kecamatan Kra - yan, Ka bu paten Nunukan, Ka l imantan Uta ra dijual se - har ga Rp40.000 per liter, Ke - ca mat an Puncak, Pa pua dijual Rp50.000-100.000 per liter.

Na mun, dengan ada nya prog - r am BBM Satu Harga ini, har - ga BBM di Krayan dan Pun cak akan sama seperti di Ja wa ya - itu Rp6.450 per liter untuk pre mi um. Estimasi pe nya lur - an BBM di daerah-daerah tar - get prog ram BBM Satu Harga akan men capai sekitar 215.000 ki lo li ter (kl) pada 2017 dan men ja di 580.000 kl pa da 2019 mendatang. Program yang dilakukan pe - me rintah ini tentunya me nim - bul kan pro dan kontra. BBM Sa tu Harga diklaim akan me - ma kan biaya operasional yang sa ngat besar, Rp3 triliun. Na - mun di sisi lain, dengan ter wu - jud nya BBM Satu Harga di dae - rah pelosok Indonesia, prog - ram ini mampu memperkuat ke sejahteraan masyarakat ser - ta memperkuat fondasi ek o no - mi dengan cara meningkatkan pro duktivitas warga.

Hal ini tentunya akan me - ning katkan konsumsi warga akan BBM. Khawatirnya, kon - sum si masyarakat akan me - ning kat dari yang semula 1,5 ju - ta barel minyak per hari men - jadi lebih tinggi lagi. Dari angka ter sebut, Indonesia hanya mam pu memenuhi 800.000 ba rel per hari, sisanya mau ti dak mau Indonesia mengimpor. Untuk mampu memenuhi ke butuhan dalam negeri ter se - but, pemerintah harus me - nyia p kan opsi-opsi lain. Mi sal - nya, melakukan eksplorasi pen ca rian sumber-sumber mi - nyak bu mi lainnya atau me na - si o na li sa si blok-blok migas yang ada di In donesia serta me - ningkatkan ka pa sitas pro d uk - si mi nyak da lam negeri.

Un tuk men capai tar get me me nuhi ke bu tuhan da lam ne ge ri ter se - but, Per ta mi na se ba gai pelaku sek tor hulu mi gas In donesia ha rus me le bar kan sa yapnya un tuk eksplorasi dan eksp loi - ta si cadangan mi nyak tam bah - an demi me me nuhi kebutuhan da lam negeri. Se buah upaya te - lah dilakukan oleh Pertamina yang berhasil men jadi kon - trak tor baru Blok Ma h akam me la lui anak per usa ha annya, PR Per t amina Hulu Ma hakam, se jak 1 Januari 2018 men da - tang. Ha rapannya, de ngan men jadi kon traktor yang ba ru, pro duk si minyak dalam negeri da pat meningkat. Karena itu, program ini ha - rus mendapatkan dukungan dan bantuan dari pihak yang ter libat.

Sudah semestinya semua pihak yang terlibat pada prog ram BBM Satu Harga ini ber satu bersama-sama untuk me nyejahterakan masyarakat se r ta turut mendukung upayaupa ya yang dilakukan Pe rt am ina untuk menasionalisasi blok mi gas serta melakukan eksplora si dan eksploitasi blok migas yang baru.

Habibi Bahari Al Fattah
Mahasiswa Jurusan Teknik Nuklir UGM, Ketua Divisi Riset Dewan Energi Mahasiswa. Universitas Gadjah Mada




Berita Lainnya...