Edisi 08-12-2017
Potensi Reuni Mantan


MADRID– Tuntas sudah perebutan tiket babak 16 besar Liga Champions 2017/2018. Hampir tidak ada kejutan dalam daftar tim yang lolos ke fase gugur. Tapi, melihat hasil penyisihan grup, banyak kemungkinan terjadinya laga reuni dengan mantan di babak knock-out.

Sebut saja antara Jose Mourinho dan Real Madrid. Mourinho bersama Manchester United (MU) melaju dengan status juara Grup A. Sementara Madrid, meski ber hasil mengalahkan Borussia Dortmund 3-2 di laga terakhir, harus rela menjadi runnerup Grup H karena Tottenham Hotspur pada saat bersamaan menundukkan APOEL 3-0. “Kami menantikan undian pada Senin meskipun lawan sulit akan datang. Saya tidak peduli tim mana yang kami hadapi,” kata Pelatih Madrid Zinedine Zidane, dikutip Marca. Pertemuan Mourinho dengan Madrid bukan pertama kali terjadi di kompetisi resmi. Sebelumnya kedua kubu sudah ber - hadapan di final Piala Super Eropa, 9 Agustus lalu .

Madrid menyandang status juara Liga Champions, sedangkan MU kampiun Liga Europa. Laga dimenangkan Los Galacticos 2-1. “Paling penting lolos ke sistem gu gur dan kami sudah melakukannya. Seka rang, tim harus fokus pada Primera Liga dan Piala Dunia Antarklub,” tandasnya. Pelatih yang pernah menjadi asisten Mourinho itu mengatakan timnya terus menunjukkan progres membaik. Dia juga tidak khawatir dengan daftar cedera para pemain, termasuk Raphael Varane. De - ngan jadwal babak 16 besar baru digelar Fe bruari mendatang, arsitek tim asal Pran cis itu menyebut banyak hal yang bisa dilakukan sebelum pertarungan dilaksana kan.

“Masih ada banyak waktu untuk Liga Champions. Pada Februari (saat babak 16 besar digelar) nanti, kami akan membaik. Ada kemungkinan melakukan penambahan pemain pada Januari men datang,” tuturnya. Bukan hanya Mourinho, Pep Guardiola yang sekarang menukangi Man - ches ter City (Man City) pun tak menutup pe lu ang bertarung dengan Bayern Muenchen yang pernah ditukanginya. Man City ada lah juara Grup F meski pada laga terakhir menelan kekalahan 1-2 dari Shakhtar Donetsk. Kekalahan ini adalah pertama kali yang dialami The Citizens sepanjang musim ini.

“Ka lau saya menilai, kami butuh keka lahan. Ini baik untuk pemain dan klub karena saat menang, media akan mengatakan ini dan itu yang bisa membuat kami lupa ba - nyak hal,” kata Guardiola. Melawan Shakhtar, Guardiola me la ku - kan perubahan komposisi pemain. Striker Sergio Aguero dan bek kanan Kyle Walker ditempatkan di bangku cadangan. Pelatih asal Spanyol tersebut sepertinya me nyimpan energi pemain untuk menghadapi derby Manchester melawan MU, akhir pekan nanti.

“Sekarang, kami akan melihat bagaimana apa yang terjadi akhir pekan nan ti. Tapi, saya melihat bagaimana reak - si tim ini tertinggal 0-2 ternyata kami me - lewatinya dengan baik,” tandas Guardiola. Jika Bayern bertemu Man City, inilah untuk pertama kali Guardiola dan Jupp Heynckes bertemu di pinggir lapangan se jak Heynckes menyatakan pensiun ka - rena digusur dari kursi pelatih FC Holly - wood. Semua tahu, Guardiola ditunjuk meng gantikan Heynckes pada musim 2013 sampai 2016 saat pelatih berusia 72 tahun itu baru saja memberikan tiga gelar untuk Bayern. Saat Heynckes sukses mendapatkan tiga gelar, manajemen Bayern tetap me - nen dangnya dari kursi pelatih dan menun juk Guardiola sebagai pengganti.

Sayang, selama tiga musim bersama FC Hollywood, Guardiola gagal menyamai pendahulunya. Heynckes kemudian kembali dari pensiun menggantikan Carlo Ancelotti yang dipermalukan Paris Saint-Germain (PSG) pada leg pertama Liga Champions tiga gol tanpa balas. Heynckes kemudian membalas ke ka - lah an tersebut pada pertemuan leg kedua dengan skor 3-1 di Allianz Arena, Rabu (6/12). Tentu menarik jika Bayern ber temu Man City. “Saya senang dengan ki - nerja seluruh tim. Bayern memiliki se ja rah besar dalam kompetisi Eropa dan per tandingan hari ini menunjukkan kami kom - petitif. Kami memiliki ambisi me me nangkan Liga Champions,” tutur Heynckes.

Sementara Unai Emery yang mem bawa PSG menjadi juara Grup G tak me nu - tup kemungkinan akan bertemu Sevilla yang pernah ditukanginya pada musim 2013-2016. Sepanjang bersama Sevilla, Emery memberikan tiga gelar Liga Europa dan satu Copa del Rey. “Menjadi juara grup sudah merupakan hasil yang besar,” tandas Emery, setelah dikalahkan Bayern.

Ma’ruf