Edisi 08-12-2017
Appetizer Hingga Dessert Nikmat Asli Bali


BALI tak hanya tentang wisatanya yang populer. Pulau Dewata ini juga memiliki ragam kuliner yang khas dengan beragam rempah dan teknik masak tradisionalnya yang menarik.

Untuk menikmati menu autentik Bali, Anda tak perlu jauh-jauh terbang ke Pulau Bali. Datang saja ke Restoran Putu Made yang akan mulai buka pada pertengahan Desember 2017 ini. Putu Made yang ada di Senayan City lantai 5 ini akan cocok bagi Anda yang ingin merasakan menu autentik Bali. Dikemas dan disajikan di dalam sebuah restoran dengan interior yang modern, serta ingin menjadikan budaya menikmati makanan khas Bali tersebut sebagai suatu gaya hidup. Boga Group yang membawahi Putu Made menggandeng seorang chef ternama dan sangat berprestasi di dunia perkulineran di Indonesia maupun mancanegara, yaitu Chef Mandif Warokka.

Dia memang berdomisili di Bali dan sangat menguasai masakan Nusantara, khususnya khas Bali, untuk mengkreasikan semua menu yang ada di Restoran Putu Made. Melalui pengalaman yang dimiliki - nya, Chef Mandif dapat menciptakan masakan khas Bali yang tetap meng - usung akarnya, namun disajikan dalam rasa dan presentasi yang bisa diterima dan dinikmati semua kalangan. nternasional. Beberapa menu utama yang dikreasikan oleh Chef Mandif untuk Putu Made adalah menu putu made bebek betutu, ayam klungkung, dan putu made seafood platter . Dalam preview sebelum restoran benar-benar dibuka, KORAN SINDO pun mencoba berbagai menu lain mulai dari appetizer hingga dessert -nya.

Dimu lai dengan rujak udang dan jeruk bali serta lumpia goreng ayam betutu. Sudah biasa bila menu salad dijadikan appetizer , namun untuk rujak udang dan jeruk bali ini akan terasa berbeda sebagai sajian pembuka jika Anda datang ke restoran ini. Segarnya datang dari buah dan sayur yang tak biasa dicampur untuk salad. Ada potongan buah pepaya matang, berpadu dengan timun segar, serta lettuce , utamanya udang segar, lalu ditambahkan kacang tanah. Bumbunya tak terlalu kuat untuk rujak, tak ada pedas berlebihan namun menjadi mixed salad yang tak biasa ditemukan. Sementara untuk lumpia ayam betutu juga ter - masuk unik karena dari appetizer ini di permulaan Anda sudah disuguhi rempah khas Bali lewat ayam betutu.

“Makanan Bali tidak menggunakan sapi, namun kita adaptasi untuk banyak market . Kita ada ayam dan seafood . Semoga kultur Bali tidak terganggu dengan saya juga menyajikan sapi, bumbu tetap sama tanpa ingin menyinggung kultur Bali,” ungkap Chef Mandif kepada KORAN SINDO. Sementara menu utamanya ada sop ikan tenggiri yang segar. Disajikan bersama potongan timun dan kuah yang berwarna kuning itu, tentu saja dicampurkan dengan bumbu kunyit untuk menghilangkan rasa amisnya, di samping karena memang menggunakan ikan tenggiri segar. Sate platter termasuk pilihan di dalamnya dengan sate khas Bali yaitu sate lilit.

Berikutnya bebek goreng ubud utuh yang garing juga direkomendasi - kan saat memesan menu utama. Pilihan lain dari seafood adalah ekor tenggiri bakar yang juga segar, berpadu bumbu kecap beserta potongan cabai. Sebagai pendamping menu utama, ada sayuran khas Bali yang juga harus Anda pesan. Seperti lawar platter dan cumi sambal sereh. Di dua menu ini Anda akan merasakan aroma kuat bumbu Bali yang berpadu dengan sayurnya.

“Lengkuas dan jahe, dua bumbu kuat yang digunakan untuk masakan Bali,” sebut Chef Mandif Sebagai penutup, tentu jangan lewatkan memesan dessert manis khas, seperti pisang rai dan klepon isi nangka. Tentu su - dah lengkap rasanya, memanjakan pe rut sejak awal hingga akhir dengan hi dang an khas Bali. Tak perlu jauh hingga ter bang ke pulaunya.

Dyah ayu pamela