Edisi 20-12-2017
MNC Land Hibahkan Tanah ke BNN


JAKARTA – PT MNC Land Tbk me la lui anak usahanya, PT Lido Nirwana Parahyangan, menghibahkan sejumlah l ahan di kawasan Lido, Jawa Barat kepada Badan Nar ko ti ka Nasional (BNN).

Pemberian hibah tersebut dilakukan dalam penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding /MoU) di Jakarta kemarin. Chairman MNC Group Hary Ta noesoedibjo (HT) mengatakan, hibah tanah kepada BNN tersebut merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social respon sibility (CSR) MNC Group.

Dengan pem berian hibah dan pinjam pakai lahan ke pa da BNN, MNC Group turut men dukung pemberan tasan narkoba di Tanah Air. ”Ini adalah CSR dari MNC Group, bagaimana kita ikut membantu perjuangan BNN yang mulia. Kita tahu narkoba ini masalah besar di bangsa kita.

Banyak generasi muda pro duk tif tapi menjadi des tructive karena narkoba, jadi ini masalah ber sama,” kata HT seusai menghadiri penandatanganan MoU antara MNC Land dan BNN di Jakarta kemarin. Tanah yang akan dihibahkan kepada BNN tersebut kurang lebih 1.800 meter persegi, sedangkan tanah yang akan di guna kan u n tuk pinjam pakai la han sebagai kepentingan BNN yak ni seluas 1,6 ha.

Kedua lahan tersebut berada di area yang sa ma yak ni di kawasan Lido. ”Tem pat k a mi di Lido itu kan bertetanggaan dengan BNN, la lu BNN mem butuhkan tanah un tuk mem bangun jalan baru, jadi dengan senang hati kami hi bah kan le bih dari 1.800 meter per segi dan kemudian kami persilakan pakai untuk kepentingan BNN se kitar 1,6 ha,” ungkap HT.

Nantinya, sebagai tindak lan jut dari MoU ini, MNC Land ber sama BNN di masa yang akan datang juga akan melakukan kerja sama lebih lanjut secara komprehensif perihal perencanaan pengembangan sarana dan prasarana terkait Pen cegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Ge lap Narkotika dan Prekursor Nar kotika (P4GN).

”MNC Group yang memiliki se jumlah media seperti televisi, on line, radio juga menawarkan ke pada BNN untuk menggunakan sebagai pemberitaan ataupun iklan sebagaimana ikut mem bantu pemberantasan narkoba, jadi akan saya tawarkan secara gratis,” tandas HT.

Dengan demikian, MNC Group khususnya MNC Land se nantiasa mewujudkan komitmen nyata untuk dapat mencegah penyebaran narkoba di Indonesia dan membantu para pemangku kepentingan dalam kegiatan pemberantasan nar koba. Dengan di sepakatinya MoU ini, BNN dan MNC Land optimistis kerja sama ini da pat mewujudkan Indonesia yang bersih dari penyalahgunaan narkotika dan obat terlarang ser ta prekursornya.

HT menyatakan BNN me miliki posisi yang strategis dalam men dorong potensi generasi mu da di Tanah Air akibat dari besar nya bonus demografi yang dimi liki oleh Indonesia. Sebagai catatan, jumlah penduduk usia mudah di Indonesia mendominasi da ri total 260 juta pen du duk.

”Seca ra otomatis, jum lah nya bertambah banyak dan me ning kat da lam 15 tahun ke de pan sehingga narkoba sangat meng ancam ka rena paling ba nyak terkena generasi muda,” katanya. Kepala BNN Komjen Pol Budi Waseso mengucapkan rasa te ri ma kasih kepada MNC Group atas pemberian hibah dan pinjam pakai lahan tersebut.

BNN juga menyambut baik ker ja sama dengan MNC Land un tuk memberantas penyebaran narkoba di Tanah Air. ”Saya berterima kasih ke pada Pak Hary Tanoe karena sudah mem berikan fasilitas lahan, bah kan ada yang dipinjam-pakai kan. Ini menunjukkan beliau bu kan hanya mendukung BNN, ta pi juga negara,” kata Budi.

Dia juga menyatakan untuk meng akomodasi dan meningkatkan kinerja BNN di butuhkan keseriusan. Baik dari segi sum ber daya manusia (SDM), alo kasi anggaran, maupun infrastruktur.

Dengan demikian, di rinya berharap kesepahaman an tara MNC Group dan BNN ini bi sa mendukung langkah BNN da lam memberantas narkoba. ”Ka rena dengan keterbatasan BNN, jika tidak dibantu masyarakat dan Pak HT maka kita tidak bisa apa-apa dalam menghadapi narkoba.

Jadi, kedaulatan dan perang kepada narkoba ha rus disikapi oleh seluruh elemen bangsa,” tandasnya. Menurut mantan kabareskrim Polri ini, lahan yang dihibah kan dan dipinjam-pakaikan tersebut akan digunakan BNN un tuk dimanfaatkan sebagai sa ra na tempat rehabilitasi para man tan pengguna narkoba.

Dia me nyatakan, pascarehabilitasi ju ga dibutuhkan penanganan khu sus sehingga mereka tidak kembali terjerat dengan barang-barang haram tersebut. ”Sarana-prasarana kita akan ber kembang, karena kita akan me manfaatkan untuk tempat rehabilitasi dan pasca rehabilitasi. Mereka juga perlu lahan untuk digunakan oleh para konselor dan eks pencandu,” ujarnya.

heru febrianto


Berita Lainnya...