Edisi 13-01-2018
Janji Tak Jual Pemain


LONDON – Daya tahan Tottenham Hotspur dalam mempertahankan pemain sedang diuji. Memiliki Harry Kane yang menjadi penyerang tengah paling konsisten di Eropa dalam tiga musim terakhir membuat The Lilywhites tak henti mendapatkan tawaran.

Dalam tiga musim terakhir, Kane selalu mencetak lebih dari 20 gol yang menempatkannya dalam daftar top skor. Tahun lalu, 2017, dia menjadi pemain paling subur di Eropa menggusur nama besar Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Kane total mencetak 56 gol sepanjang 2017. Rinciannya adalah 49 gol untuk Spurs dan 7 gol dipersembahkan pada timnas Inggris.

Striker berusia 24 tahun itu ratarata mencetak 1,08 gol per laga dan jadi satu-satunya pemain di daftar 5 besar dengan jumlah 50 gol atau lebih yang punya rataan lebih dari satu gol per laga. Sementara Messi berada di posisi 2 dengan 54 gol dari 64 kali penampilan. “Saya yakin 100%.

Setiap pemain ingin kami jaga. Saya yakin mereka akan bermain untuk Spursmusim depan,” kata Chairman Tottenham Hotspur Daniel Levy kepada Sky Sports News. Meski, Levy mengakui jika bursa transfer Januari tidak akan pernah mudah dilewati, terutama untuk klub.

Apalagi, Madrid seperti memiliki ikatan dengan Tottenham soal pemain. Ada Luka modric dan Gareth yang berada di Santiago Bernabeu. Los Blancos juga seperti selalu memiliki cara mendatangkan pemain yang diinginkan. Seperti kasus Bale. Meski Spurs berkali- kali menolak tawaran Los Blacos, Bale memilih mogok latihan menjalani persiapan musim.

Aksi tersebut membuat manajemen klub geram dan melepaskan pemain asal Wales tersebut ke Madrid. “Jika ada peluang muncul untuk memperbaiki skuad, maka kita perlu melihatnya dan (pelatih) Mauricio Pochettino akan akan bilang. Tapi Januari selalu merupakan jendela yang sangat sulit,” ujarnya.

Tottenhan akan menjamu Everton di Stadion Wembley dini hari nanti. Pertandingan yang bisa dikatakan lumayan mudah karena Everton sedang berada dalam periode sulit. Total lima pertandingan di semua ajang mereka belum menyentuh kemenangan. Bahkan, pada tiga laga terakhir semuanya berakhir dengan kekalahan.

Kondisi itu membuat Pelatih Everton Sam Allardyce berusaha menambah kekuatan skuadnya. Apalagi, mereka baru saja mendapatkan dana segar dengan penjualan pemain belakang Ross Barkley. Uang itu bisa didatangkan untuk memboyong pemain depan demi membantu kinerja Wayne Rooney.
Salah satu nama yang kini dibidik adalah pemain sayap Arsenal Theo Walcott. Meski untuk itu mereka harus bersaing dengan Southampton yang dikabarkan bersedia mengeluarkan dana 20 juta poundserling, Everton juga harus bersiap membayar gaji Walcott yang berada di angka 110.000 poundsterlingper pekan.

Sebelumnya Everton berhasil mendatangkan penyerang baru Cenk Tosun yang ikut membawa besiktas ke 16 besar Liga Champions. Tosun kemungkinan sudah bisa diturunkan pada laga melawan Spursdini hari nanti.

ma’ruf