Edisi 13-01-2018
Barca Raih Kebahagiaan Dobel


BARCELONA –Dua kebahagiaan didapatkan Barcelona seusai mengalahkan Celta de Vigo 5-0 leg kedua 16 besar Copa del Rey, Jumat (12/1).

Blaugrana mengunci satu tempat pada perempat final, sekaligus menorehkan catatan apik bagi Ernesto Valverde. Hasil bagus di Camp Nou menjadi laga ke-28 yang dilalui Valverde bersama Barca tanpa kekalahan pada tiga kompetisi, yakni Primera Liga, Copa del Rey, dan Liga Champions.

Sejauh ini dia telah memimpin klub Katalan dengan mengemas 22 kemenangan dan 6 imbang. Itu menyamai torehan Pep Guardiola yang meraih 23 kemenangan dan 5 imbang dari 28 pertandingan bersama Barca pada musim 2010/2011. Sementara di tempat teratas masih dihuni Luis Enrique.

Pada musim 2015/2016 dia memimpin Barca pada 39 pertandingan tanpa terkalahkan dengan meraih 32 kemenangan dan 7 imbang. Kendati sukses mengukir prestasi individu, Valverde lebih tertarik membahas penampilan timnya melawan Celta yang dinilainya sangat baik dalam mendominasi permainan dan menyerang. Apa yang dikatakan Valverde memang benar.

Barca tidak memberikan Celta bernapas sejak awal pertandingan. Berturutturut tim Katalan memberondong sang lawan lewat Lionel Messi (13,15), Jordi Alba (28), Luis Suarez (31), dan Ivan Rakitic (87). ”Kami memiliki banyak peluang. Kami sangat efektif ketika membangun serangan.

Kami mengetahui bahwa Celta adalah lawan tangguh. Kami telah tampil baik di banyak pertandingan, tetapi hari ini (Jumat) sangat impresif,” kata Valverde, dilansir Marca. Meski begitu, Valverde enggan berpuas diri dengan apa yang diraihnya secara pribadi maupun tim.

Pelatih berusia 53 tahun tersebut menegaskan bahwa komitmennya adalah membawa Barca meraih hasil positif di setiap laga. Selanjutnya mereka akan berhadapan dengan Real Sociedad pada lanjutan Primera Liga, Minggu (14/1). ”Secara statistik, jelas kami mendapatkan sesuatu yang sangat penting.

Tapi Anda tidak bisa melihat ke belakang. Kami memiliki dua laga tandang pada Primera Liga dan kemudian perempat final Copa del Rey,” paparnya. Senada dengan Valverde, gelandang Ivan Rakitic mengatakan bahwa Barca harus berkonsentrasi penuh di semua kompetisi hingga akhir musim.

Menurut dia, paruh musim kedua tantangan bagi timnya bakal jauh lebih sulit. ”Kami belum memenangkan apa pun. Laga melawan Celta mungkin penampilan terbaik Barca era Valverde. Tapi kami harus terus melangkah. Kami melakukan semuanya dengan baik dan menikmatinya. Namun, laga-laga berat telah menanti kami,” pungkasnya.

alimansyah

Berita Lainnya...