Edisi 13-01-2018
Dishub Perluas Penerapan Jalur Satu Arah


PALEMBANG - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palembang memperluas penerapan satu arah pada sejumlah ruas jalan di Kota Palembang.

Setelah diterapkan di Jalan Angkatan 45 dan Jalan POM IX, satu arah diterapkan pula di Jalan Padang Selasa dan Srijaya Negara, Bukit Besar Palembang. Dishub juga terus mengkaji pe-nerapan satu arah pada ruas jalan lainnya seperti di Kawasan Sekip.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Palembang Kurniawan mengatakan, penerapan one way atau satu arah di Jalan Srijaya Negara dan Jalan Padang Selasa masih dalam tahap uji coba hingga 18 Januari mendatang. Untuk itu, dia mengajak semua pihak terutama masyarakat untuk memahami dan menaati peraturan yang ada.

”Penerapan pada Jalan Padang Selasa dan Srijaya Negara ini untuk mengatasi kemacetan, dan kami terjunkan 50 petugas untuk membantu pengendara,” ujarnya, Jumat (12/1). Kurniawan menyatakan, penerapan satu arah terus dikaji untuk mengatasi kepadatan lalu lintas di sejumlah kawasan.

Sebelumnya telah dilakukan dan berjalan di Jalan Angkatan 45 dan Jalan POM XI Palembang. Bahkan, menurut Kurniawan, penerapan one way juga dikaji untuk diterapkan di beberapa kawasanlain, seperti Sekip, Patal, Lebong Siara. ”Rencananya seperti itu, tapi semuanya masih dalam kajian,” kata dia.

Kurniawan mengimbau masyarakat bersabar dan dapat menaati peraturan yang berlaku dan membiasakan pada lalu lintas satu arah. ”Mungkin masih ada yang bingung karenanya ditempatkan petugas dan kita arahkan, sanksinya masih berupa teguran kepada pengguna yang melanggar misalnya melawan arah,” katanya.

Berdasarkan pantauan terlihat masih ada kendaraan bermotor bahkan mobil yang menerobos arus di Jalan Srijaya. Kendaraan ini diduga sengaja melawan arus untuk mempersingkat jarak tempuh dan menghindari kemacetan yang justru terjadi di Jalan Padang Selasa.

”Sempat terlihat pengumuman di simpang Puncak Sekuning, tapi belum begitu tahu,” ujar seorang pengendara sepeda motor yang menerobos seusai diberhentikan petugas.

Untuk diketahui, dengan penerapan satu arah ini, mahasiswa dan masyarakat yang hendak ke Unsri dari arah kota harus memutar dahulu melalui Jalan Padang Selasa, melintasi Markas Brimob. Sementara dari arah Unsri dan Jalan Ogan serta Jalan Lunjuk Raya harus berbelok ke kiri.

berli zulkanedi