Edisi 13-01-2018
Bayi Berbalut Daun Pisang Ditinggalkan di Mobil Pikap


OKI - Bayi berjenis kelamin laki-laki berusia sekitar lima bulan ditemukan tergeletak di dalam mobil pikap milik PT Waskita di Dusun 2, Desa Tanjung Serang, Kecamatan Kayuagung, OKI, Jumat (12/1).

Diduga bayi malang tersebut sengaja dibuang orang tuanya. Warga yang mengetahuinya langsung melaporkan hal tersebut ke Mapolres OKI. Kapolres OKI AKBP Ade Harianto melaluiKanitPPAIpda Ginting membenarkan adanya penemuan bayi tersebut.

”Anggota kami langsung meluncur ke TKP dan kemudian membawa bayi tersebut ke RSUD Kayuagung guna pemeriksaan kesehatannya. Setelah diperiksa, keadaan bayi sangat lemah dan terdapat beberapa luka di bagian pantatnya. Untuk itu, bayi masih harus menjalani perawatan medis,” ujarnya.

Terkait penemuan bayi tersebut, aparat kepolisian bergerak cepat melakukan penyelidikan dengan mengumpulkan informasi. Namun beberapa saat kemudian, pihaknya mendapatkan laporan dari Kades Tanjung Serang yang melaporkan bahwa bayi tersebut ada orang tuanya.

Menurut informasi tersebut, orang tua sang bayi yang belum diketahui namanya itu diduga mengalami sedikit masalah kejiwaan. ”Kami akan memanggil saksi-saksi dan meminta keluarga orang tua bayi agar mendatangi polres guna menjalani pemeriksaan,” ujarnya.

Sementara itu, seorang warga sekitar yang mengaku bernama Akmal menuturkan, tidak diketahui secara pasti siapa yang pertama kali menemukan bayi tersebut. Dia dan warga lainnya mengetahui penemuan tersebut setelah ramai. Warga lain yang mengetahui berinisiatif segera melaporkan kejadian itu ke aparat kepolisian.

”Tidak begitu tahu penemuannya karena sudah ramai dan langsung dilaporkan. Karena kasian juga dengan bayi itu,” ujarnya. Belum lama ini warga Kota Lubuklinggau juga menemukan bayi yang diletakkan di areal persawahan dekat kuburan China, Kelurahan Kali Serayu, Kecamatan Lubuklinggau Utara II, pada Rabu (3/1).

Bayi perempuan itu ditemukan dengan kondisi terbungkus kantong plastik hitam oleh warga yang hendak pergi ke kebun karet. Saat ditemukan, bayi mungil tersebut tanpa ari-ari dan tubuh mulai membiru. Aparat masih mencari orang tua bayi perempuan itu dan bidan setempat bersedia merawatnya.

Personel Polres OKI unit PPA menggendong bayi berusia sekitar lima bulan yang ditemukan di dalam mobil pikap di Dusun 2, Desa Tanjung Serang, Kecamatan Kayuagung, OKI, Jumat (12/1).

berli zulkanedi