Edisi 13-01-2018
Dinas Perdagangan Segera Terapkan e-Retribusi


SALATIGA – Dinas Perdagangan Kota Salatiga, Jawa Tengah, dalam waktu dekat ini akan meluncurkan program pemungutan retribusi pasar dengan sistem elektronik (e-retribusi).

Langkah ini dilakukan untuk optimalisasi penerimaan retribusi dan mencegah kebocoran pendapatan asli daerah (PAD) di sektor tersebut. Kepala Dinas Perdagangan Muthoin menjelaskan, selain untuk mengoptimalkan pendapatan, program e-retribusi ini juga diyakini akan meningkatkan akurasi dan mempercepat proses pelaporan petugas pemungut di lapangan ke bagian keuangan Dinas Perdagangan.

Dengan demikian, laporan pendapatan retribusi akan lebih akuntabel. “Rencananya, program eretribusi akan kami terapkan mulai akhir Januari 2018. Pada tahap awal, program e-retribusi akan diterapkan di dua pasar, yaitu Pasar Raya I dan Blauran,” ujarnya, Jumat (12/1).

Menurut Muthoin, dalam melaksanakan program e-retribusi, Dinas Perdagangan bekerja sama dengan sebuah bank milik pemerintah di Salatiga. Semua peralatan dan sarana- prasarana yang dibutuhkan untuk melaksanakan program ini difasilitasi oleh bank tersebut.

“Mulai kartu yang akan diberikankepada pedagang, aplikasi, hingga mesin EDC, disediakan oleh bank. Pada tahap awal ini, kamitelahmenyiapkansebanyak 4.000 kartu dan segera dibagikan kepada pedagang,” katanya. Ke depan, program ini akan diterapkan di semua pasar, termasuk pasar pagi di Jalan Jenderal Sudirman.

angga rosa Siswa