Edisi 14-01-2018
Lebih Awal, Lebih Baik


JAKARTA – Penonton yang ingin menyaksi kan laga Indonesia me lawan Islandia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) di harap kan bisa melakukan persiapan yang baik.

Mulai dari estimasi waktu kedatangan hingga alat transportasi yang digunakan. Laga yang disiarkan lang sung RCTI mulai pukul 18.00 WIB tersebut dipastikan akan menyedotan imo yang luar biasa. Selain itu, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo juga akan menyaksikan langsung laga yang dipastikan berpengaruh pada pengamanan dan alur keluar masuk penonton. Sampai kemarin, kompleks SUGBK belum sepenuhnya selesai direnovasi.

Beberapa akses pintu masuk yang bisa digunakan suporter untuk masuk kearea stadion terbesar di Indonesia tersebut masih ditutup pintu seng. Galian, gundukan tanah, dan semua kebutuh an reno vasi masih terlihat di banyak area yang bisa mem bi ngungkan penonton, sekalipun mereka sudah terbiasa menyaksikan laga di SUGBK.

“Pada hari H pertandingan, jalan pintu satu Senayan dari pertigaan lampu merah Hotel Fairmont sampai depan Hotel Century akan ditutup mulai pukul 10.00 WIB sampai selesai,” kata Kepala Keselamatan dan Ke aman an Stadion PSSI Nugroho Setiawan dalam keterangannya. Panitia penyelenggara pertandingan PSSI terpaksa membatasi jumlah kendaraan roda dua dan empat yang bisa masuk tempat parkir.

Parkir kendaraan penonton dipusatkan di area parkir timur dan sebagian di plaza tenggara. Untuk sepeda motor, kapasitasnya 2.000 unit, sedangkan mobil 2.040 unit. Area parkir motor ditempatkan digedung direksi (300unit), Istora (900 unit), dan lapangan ABC (800 unit).

Sementara area parkir mobil di gedung direksi (70 unit), halaman Masjid Al Bina (70 unit), parkir selatan (400 unit), aquatic (200 unit), parkir timur (895 unit), Jalan Apec (350 unit), dan stadion tenis (55 unit). Sementara penonton yang tidak bisa memarkirkan kendaraannya di lokasi-lokasi yang disediakan, bisa menempatkan kendaraannya di tempat parkir gedung-gedung yang berdiri di sekitar kom pleks Gelora Bung Karno.

Namun, jika tak mau kesulitan mencari tempat parkir, Nugroho menyarankan, penonton menumpang transportasi umum. “Mari kita sama-sama menjaga keamanan, keselamatan, dan kenyamanan di SUGBK,” tambah Nugroho. Deputi Pengembangan Bisnis Sekretaris Jenderal PSSI Marsal Masita menambahkan, pihaknya sudah akan membuka loket pertandingan pada pukul 09.00 WIB.

Nantinya, gerai tiket boks akan dibedakan antara pembelian tiket langsung dengan penukaran tiket yang dibeli secara online . Total ada 48 loket atau masing-masing disiapkan sebanyak 24 gerai. “Para suporter yang telah membeli tiket secara online tetap harus menukar tiketnya karena tiket yang di-email belum tercantum seating number, tetapi hanya kategori,” ujar Marsal.

Dia memastikan, suporter tidak perlu terlalu khawatir jika ingin nonton langsung di SUGBK. Tempat duduk memiliki nomor tempat duduk sehingga suporter tidak perlu berebut menentukan posisi mereka. Ditambah lagi, pada tiket yang sebenarnya akan tertera zona, pintu, baris, dan nomor kursi. Pihak Panpel juga akan menempatkan petugas di masing-masing pintu untuk membantu penonton.

Nantinya, SUBGK akan dibagi menjadi 12 zona, dari 1 sampai 12 yang di setiap zona dipecah lagi jadi AB dan B. Pembagian ini untuk me mudahkan penonton dalam mengakses tempat duduk mereka. Misalnya, penonton yang di zona 1A akan diarah kan ke pintu tribune bawah, sedangkan zona 1B ke tribune atas.

Zona 1 lokasinya persis di sebelah kanan pintu masuk VIP dan VVIP Barat yang berada di plaza barat. Plaza barat ini aksesnya langsung dari Jalan Asia Afrika, sebelum lampu me rah pertigaan Hotel Fairmont dari arah Hotel Mulia. Zona 1-12 akan berurutan yang arahnya berlawanan dengan jarum jam.

Dari masingmasing zona, akan ada beberapa pintu sesuai tiket. Saat berada di stadion, penonton bisa melihat baris tempat duduk dari tanda yang tertulis di lantai stadion. Marsal mengatakan, pada laga ini panitia pelaksana hanya mengalokasikan 75% tiket dari kapasitas stadion, yakni sekitar 55.000 lembar dengan cadangan 5.000 tiket untuk pertimbangan keamanan. Sejauh ini, sudah terjual 40% secara offline.

Sesmenpora Gatot S Dewa Broto berharap, penonton bisa datang lebih awal ke sta dion. Selainalasankepadatan, ter jadi perubahan proses masuk stadion pertandingan menggunakan kartu pintar (smart card). Tiket akan me miliki barcode yang hanya bisa dipakai sesuai tempat duduk tertera.

“Kalau hijau, itu mempersilakan masuk. Kalau merah, otomatis si petugas berhak melarang ada dua ke mung kinan, itu palsu atau itu bukan kartu masuk stadion,” kata Gatot. Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) juga akan melakukan pemeriksaan manual demi menghindari lolosnya suar serta laser yang dikhawatirkan mengganggu jalannya pertandingan.

Selain itu, panitia juga sudah berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya. Sekitar 2.500 personel akan diturunkan untuk meng amankan SUGBK saat pertandingan. Pada perkembangan lain, Pelatih Timnas Indonesia Asian Games 2018 Luis Milla mengatakan, pertandingan melawan Islandia akan menjadi pengalaman berharga untuk para pemainnya.

Meski, timnya sudah melakukan banyak uji coba melawan tim luar negeri. Milla menyebut, para pemain tak dalam kondisi terbaik karena kompetisi baru jeda. Rata-rata pemain baru melakukan latihan selama satu pekan, baik inisiatif pribadi maupun bersama klubnya.

Sementara bersama timnas, justru baru dua hari. “Meski begitu, kami akan mem beri kan permainan yang terbaik besok, memberi gambaran yang baik, walaupun dengan persiapan yang singkat,” kata Milla. Menghadapi Islandia, Milla kembali memasukkan beberapa nama baru untuk mem berikan alternatif dalam kom posisi pemain.

Jika sebelum nya Ilija Spasojevic menjadi pilihan pada uji coba melawan Suriah dan di turnamen Tsunami Cup, melawan Islandia, pelatih asal Spanyol itu memasukkan Andik Vermansyah, Boaz Solossa, dan Lerby Eliandry “Melihat laga kemarin (Islandia vs Indonesian Selection), pelatih menyoroti kekuatan Islandia di kotak penalti. Mereka memiliki penyerang yang tinggi,” kata Bima seusai sesi latihan Timnas Indonesia di Lapangan ABC, Sena yan, Jakarta Pusat.

maruf