Edisi 14-01-2018
Ketagihan Cita Rasa Soto Taoco


Bagi yang bepergian ke daerah Brebes dan Tegal, selain sate kambing muda, rasanya kurang afdal jika tak mencicipi hidangan soto dari dua wilayah yang berbatasan ini. Ada kekhasan dalam cita rasa sotonya, yaitu perpaduan rasa manis, asam, dan asin yang bersumber dari taoco atau biasa disebut tauji.

Bumbu makanan yang terbuat dari kedelai itu menjadi kunci kelezatan soto khas Brebes dan Tegal ini. Salah satu warung soto taoco yang sangat la ris dan cukup legendaris adalah Warung So to Suka Mampir Bapak H Ridwan di Bre bes, Jawa Tengah. Dari pos polisi Exit Tol Pe jagan jaraknya hanya 6 KM dan bisa di tem puh dengan berkendara sekitar 10- 15 me nit saja.

Meskipun banyak penjual soto ber munculan, warung soto yang lebih dikenal dengan nama Soto Ridwan itu tak pernah sepi pem beli. Apalagi saat libur lebaran atau tahun baru, warung yang buka setiap hari pukul 06.00-18.00 WIB itu dipastikan ramai oleh pembeli yang rata-rata datang bersama keluarga.

”Kalau libur Lebaran dan ta hun baru selalu penuh. Jadi, kami juga antisipasi dengan memasak lebih banyak,” ujar Fauziah, keponakan dari pemilik Soto Ridwan. Ada tiga menu soto yang ditawarkan disini, yaitu soto ayam, soto babat, dan soto campur.

Pengunjung bisa memesan dengan atau tanpa nasi. Jika dengan nasi, nasi bakal diletakkan di mangkuk, ditambah taoge, irisan daun bawang, serta suwiran daging ayam atau potongan babat dan ati am pela (tergantung pilihan sotonya).

Selanjutnya disiram kuah soto panas. Pengunjung juga bisa minta ditambah irisan to mat segar sesuai selera. Lantas apa yang menjadikannya istimewa? Tentu saja taoconya. Di setiap meja sudah tersedia wadah berisi taoco dan sambal, sehingga pengunjung bisa menambahkan ke soto sesuai selera. Aduk merata dan ra sakan sensasi segar kuah soto dengan selip an cita rasa manis-asam-asin taoco.

Satu ka ta: sedap! Lebih nikmat lagi bila disantap de ngan kerupuk atau pilus. Walaupun sama-sama pakai taoco, cita rasa soto taoco bisa berbeda-beda antara wa rung satu dengan yang lain. Kuncinya mung kin pada pengolahan taoconya itu sen diri atau saat proses menumisnya. Di warung Soto Ridwan, taoconya terlihat lebih encer dari taoco pada umumnya.

Setiap soto dibanderol dengan harga yang sama yaitu Rp12.000 perporsi. Sementara minuman yang tersedia antara lain es teh manis, es jeruk, es soda susu, soft drink dengan harga yang juga terjangkau. Meskipun pelayan di warung ini hanya delapan orang, pengunjung tidak harus menunggu terlalu lama untuk menikmati soto favorit karena pe layanannya cukup cepat.

Sekilas Fauziah bercerita perihal Warung So to Suka Mampir Bapak H Ridwan yang sudah eksis lebih dari seperempat abad itu. Sebelum menempati lokasi yang sekarang, warung soto milik Bapak Ridwan (almarhum) ini letaknya ada di belakang bioskop Aladin yang me rupakan satu-satunya gedung bioskop di Ketanggungan, Brebes. Bioskop Aladin sendiri sudah tak lagi beroperasi se jak awal 1990-an dan berganti men jadi minimarket. Kini Warung Soto Ridwan dikelola oleh istri Pak Ridwan.

inda susanti