Edisi 14-01-2018
Denmark Bisa Tuan Rumah F1 2020


KOPENHAGEN - Bos Formula One Chase Carey bersedia menambahkan balapan di Kopenhagen, Denmark, ke dalam kalender F1 pada 2020.

Sejak mengambil alih posisi CEO dan ketua eksekutif Formula One awal tahun lalu, Carey memang memiliki ambisi untuk mengembangkan olahraga tersebut. Keinginannya menambahkan Denmark sebagai agenda tambahan pada 2020 menjadi salah satu terobosannya untuk meningkatkan gairah balapan F1 yang sempat mengalami penurunan.

“Kami sangat antusias dengan kesempatan untuk mengeksplorasi potensi balapan di sini. Kopenhagen mewakili jenis lokasi yang menurut kami benar-benar dapat memberikan platform yang hebat. Skandinavia telah menjadi bagian besar dari olahraga kami dan memiliki pembalap lokal yang memiliki nilai plus,” ujar Carey.

Pada tahun ini, F1 sudah memiliki tiga balapan yang berlangsung di jalan raya, yaitu Azerbaijan, Monako, dan Singapura. Namun, Carey merasa balapan dalam kondisi seperti itu dinilai sangat menarik.

Selain balapan di tengah kota, hal tersebut bisa memberikan dampak positif untuk perkembangan F1 ke depan. Apalagi, Denmark bisa menjadi negara Skandinavia satu-satunya yang menggelar F1 pada 2020.

Sementara itu, konglomerat bisnis asal Denmark Lars Seire Christensen, yang pernah mensponsori pembalap F1 asal Prancis Romain Grosjean, yang sekarang menjadi rekan pembalap Denmark Kevin Magnussen di tim Haas F1, juga mengomentari kemungkinan GP Denmark masuk ke jadwal F1.

Namun, kesempatan itu mungkin harus menunggu dua tahun ke depan. “Mereka tidak hanya melihatnya sebagai Kopenhagen. Tapi, karena semua Skandinavia yang merupakan pasar potensial bagi mereka,” ucap Christensen.

Sampai saat ini belum pernah ada balapan F1 yang diadakan di Denmark. Balapan F1 yang pernah diselenggarakan di Skandinavia hanya baru terjadi di Swedia yang berlangsung pada 1978. Perlombaan itu digelar di Skandinavia Raceway, yang sekarang dikenal dengan Anderstorp Raceway di Anderstorp, Swedia.

raikhul amar