Edisi 14-01-2018
Iniesta Tak Khawatir


SAN SEBASTIAN – Kapten Barcelona Andres Iniesta tidak khawatir kehadiran Philippe Coutinho dari Liverpool senilai 107 juta poundsterling bakal menggusur posisinya di skuad inti.

Menurut Iniesta, kedatangan Coutinho justru akan menambah kehebatan Barca. Secara terbuka Iniesta menilai Coutinho memang memiliki kemampuan di atas rata-rata dan telah membuktikannya bersama Liverpool periode 2012–2018 sehingga layak mengenakan seragam Barca.

“Saya adalah pemain untuk klub. Saya selalu mengatakan siapa pun yang kami miliki di dalam skuad, dia harus menjadi yang terbaik. Saya pikir Coutinho masuk kriteria itu. Dia mempunyai bakat alami dan datang ke sini untuk mengembangkan kemampuannya,” kata Iniesta, dilansir Marca.

Sebelumnya banyak yang menganggap bergabungnya Coutinho bakal menggoyang Iniesta lantaran sama-sama berposisi gelandang serang. “Masuknya Coutinho tidak memengaruhi saya. Dia adalah anggota baru dan keberadaannya sangat bagus bagi tim. Pelatih akan memutuskan siapa yang akan bermain.

Saya berada dalam kondisi bagus sehingga tidak akan ada masalah,” tuturnya. Kepercayaan diri Iniesta bukan tanpa alasan. Sejak masuk ke tim senior Barca musim 2002/2003, gelandang berusia 33 tahun tersebut telah menjadi bagian penting dari roh permainan Blaugrana.

Berbagai trofi bergengsi level domestik maupun Eropa sukses dipersembahkannya. Kematangan dan pengalaman Iniesta jelas masih diperlukan Barca. Terlebih Coutinho belum bisa tampil lantaran didiagnosis mengalami cedera paha saat menjalani tes medis sehingga harus absen selama tiga pekan.

Artinya, Iniesta kemungkinan besar akan diandalkan Pelatih Ernesto Valverde sebagai starter saat Barcelona bertandang ke Estadio Municipal de Anoeta, markas Real Sociedad, pada lanjutan Primera Liga, dini hari nanti. Bersama Ivan Rakitic dan Sergio Busquets, Iniesta diharapkan mampu menyuplai Lionel Messi dan Luis Suarez di lini depan.

Tim Katalan membutuhkan kemenangan guna melanggengkan mereka di puncak klasemen sementara Primera Liga. Saat ini Barca memimpin dengan koleksi 48 poin atau berselisih sembilan poin dari Atletico Madrid yang berada di peringkat 2.

Berdasarkan catatan, Barca diunggulkan membawa pulang tiga poin karena belum terkalahkan di empat pertemuan terakhir semua kompetisi kontra Sociedad. Selain itu, kondisi tuan rumah juga tidak terlalu baik. Sociedad menderita kekalahan 0-1 dari Leganes pada lanjutan Primera Liga, Minggu (7/1).

Dari delapan laga terakhir, tim berjuluk Txuri-Urdinaktersebut hanya mengemas satu kemenangan. Kekuatan Sociedad kian berkurang dengan kepergian penyerangnya, Carlos Vela. Pada bursa Januari ini, Vela memutuskan hijrah ke Major League Soccer (MLS) untuk bergabung dengan Los Angeles FC.

Vela yang melakoni laga terakhir saat membantu Sociedad meraih kemenangan 3-1 atas Sevilla, 21 Desember lalu, mengungkapkan akan selalu mencintai dan mendukung klub sampai kapan pun.

“Saya memang pergi. Tapi, separuh hati saya tertinggal di Sociedad dan San Sebastian. Saya sangat terharu dengan dukungan penuh fansdan klub selama ini. Sociedad adalah klub spesial dan sudah seperti keluarga sendiri,” tandasnya.

alimansyah





Berita Lainnya...