Edisi 14-01-2018
Prestasi Gemilang


SELAMA hampir 20 tahun, James Franco telah membintangi puluhan judul film dan serial televisi. Ia telah mendapatkan banyak nominasi dan memenangi berbagai penghargaan bergengsi.

Terhitung, sudah lebih dari 100 judul film dan 28 serial televisi yang telah James Franco bintangi sejak 1997. Ia telah dinominasikan untuk 112 penghargaan bergengsi. Ia berhasil memenangi 33 penghargaan dari nominasinominasi tersebut.

“Dalam film sepanjang hidup Anda, apakah Anda menginginkan drama dan konflik? Atau tembakan lurus ke puncak, tidak terbebani?” ujar James, dilansir Popsugar .com. Nama James Franco sering masuk dalam daftar nominasi penghargaan bergengsi seperti Oscar, Golden Globe Awards, Screen Actors Guild Awards, dan BAFTA Awards .

Nama aktor 39 tahun ini cukup sering masuk dalam penghargaan lainnya seperti Critics Awards, Emmy Awards, Empire Awards, Festival Awards, Independent Spirit Awards, danGrammy Awards. Ada pula penghargaan Hasty Pudding Theatricals, MTV Movie Awards, People’s Choice Awards, Satellite Awards, Saturn Awards, Young Artist Awards, dan Miscellaneous film and television awards .

James pernah memenangi penghargaan Golden Globe untuk aktor terbaik. Penghargaan ini ia peroleh dari serial televisi biopik berjudul James Dean pada 2011. Perannya sebagai Harry Osborn di film Spider Man mendapatkan nominasi aktor pendukung terbaik dari Saturn Award .

“Jika pekerjaan itu bagus, apa bedanya? Saya melakukannya karena saya menyukainya. Mengapa tidak melakukan banyak hal yang saya cintai semampu saya? Selama pekerjaannya bagus, “ ujar James. James memerankan seorang penjelajah ngarai yang terjebak bernama Aron Ralston dalam film 127 Hours .

Film drama tentang penyelamatan diri ini berhasil membuatnya meraih nominasi Academy Award untuk aktor terbaik. Belum lama ini James memenangi piala aktor terbaik di Golden Globes 2018 . Ia memenangi kategori best performance in a motion picture - musical or comedy berkat The Disaster Artist .

Dalam film tersebut, James memerankan tokoh nyata bernama Tommy Wiseau, sutradara The Room , film yang dirilis 2003 lalu dan diklaim sebagai film terburuk sepanjang masa. Dalam film ini James tidak hanya menjadi pemeran utama, juga menjadi sutradaranya.

Sang adik, Dave Franco, juga turut berperan dalam film ini. “Film ini tentang pembuatan film terburuk terbaik yang pernah dibuat. Tetapi sebenarnya ini sebuah kisah tentang persahabatan,” kata James bersama Wiseau di sampingnya.

dwi nur ratnaningsih