Edisi 16-01-2018
DJI Kenalkan Gimbal Baru di CES 2018


ADApengumuman besar yang dilakukan DJI di Consumer Electronics Show 2018.

Tetapi, dua-duanya bukan drone , melainkan produk handheld camera stabilizers atau gimbal untuk kamera, yakni Osmo Mobile 2 dan Ronin-S untuk smartphone , DSLR, serta kamera mirrorless , yang menargetkan fotografer dan videografer amatir maupun profesional. Osmo Mobile 2 adalah stabilizer kamera untuk smartphone . Ada beberapa pembaruan, yakni desain ringan, mendukung orientasi portrait , tombol kontrol baru, baterai yang lebih tahan lama, juga pembaruan dari sisi software untuk mempermudah merekam video.

Adapun Ronin-S adalah stabilizer tunggal DJI pertama untuk DSLR dan kamera mirrorless . Sebelumnya sudah ada model lain keluaran Tiongkok yang dikenal di pasar ini, seperti Zhiyun dan Feiyu. Kehadiran DJI, terutama lewat Ronin, tentu akan berdampak besar pada pasar ini. “Kehadiran dua stabilizer ini memungkinkan teknologi gimbal DJI dapat membantu para storyteller kreatif, tidak peduli kamera apa yang mereka gunakan,” ujar Paul Pan, Senior Product Manager DJI.

“Osmo Mobile 2 adalah stabilizer smartphone terbaik dan termurah di pasar. Sementara Ronin-S membawa teknologi gimbal DJI ke form factor baru yang cocok untuk pengguna DSLR atau mirrorless ,” katanya. Osmo Mobile 2 dipasarkan hanya USD129 mulai akhir Januari 2018 dan Ronin-S baru akan tersedia pada kuartal II/2018 dengan harga yang belum ditentukan.

danang