Edisi 13-02-2018
Bandara London City Ditutup Setelah Bom Ditemukan


LONDON – Semua penerbangan menuju dan dari Bandara London City dibatalkan, kemarin, setelah bom era Perang Dunia II yang gagal meledak ditemukan di Sungai Thames, George V Dock.

Kepolisian menyatakan bom itu ditemukan saat pekerjaan konstruksi di bandara tersebut pada Minggu (11/2). Kepolisian membentuk zona pengosongan 200 meter. Kepolisian Metropolitan menjelaskan, warga dalam zona pengosongan telah dievakuasi dan sejumlah jalanan ditutup. Pusat penampungan warga telah dibuka di Newham Council untuk memberikan tempat tidur dan hiburan bagi para keluarga yang harus mengungsi. “Bandara bekerja sama penuh dengan Kepolisian Metropolitan dan Angkatan Laut Kerajaan serta bekerja keras secara aman memindahkan benda itu dan memulihkan situasi secepat mungkin,” kata Chief Executive Officer (CEO) Bandara London City yang terbesar kelima dan paling tengah.

Maskapai regional CityJet menyatakan penerbangan dari bandara itu telah dijadwalkan ulang untuk mendarat dan lepas landas dari Bandara London Southend. Maskapai Italia, Alitalia menjelaskan, pihaknya akan mengoperasikan penerbangan dari Bandara London Stansted. British Airways menyatakan pihaknya berupaya meminimalisasikan terganggunya para penumpang setelah penutupan bandara itu. “Kami meminta para penumpang yang melakukan perjalanan hari ini untuk mencari alternatif penerbangan atau menawarkan pengembalian dana bagi mereka yang tidak ingin lagi melakukan perjalanan,” ungkap maskapai itu.

Satu bom seberat 500 kg itu menyebabkan penutupan bandara sehari penuh dan semua penerbangan dibatalkan hingga memengaruhi 16.000 penumpang. Menurut laman bandara, total 261 penerbangan yang datang dan pergi telah dijadwalkan kemarin. Para penumpang diminta tidak melakukan perjalanan ke bandara itu karena terminal telah ditutup dan mereka diminta menghubungi maskapai secara langsung. Sejumlah maskapai yang menggunakan Bandara London City adalah British Airways, Flybe, CityJet, KLM, dan Lufthansa yang memiliki penerbangan domestik dan kota-kota Eropa. Beberapa penumpang tidak tahu bahwa bandara itu ditutup kemarin. Seorang penumpang sudah tiba di bandara untuk penerbangan ke Milan.

“Kami tidak tahu apa yang harus dilakukan. Kami kembali ke kota untuk mendapat informasi karena di sana tak ada yang membantu. Kami akan menghubungi maskapai kami dan berharap kami akan tiba di Milan segera,” ungkap seorang penumpang pada BBC London. Jalanan yang ditutup adalah Holt Road, Leonard Street, Lord Street, Newland Street, Tate Road, Muir Street, dan Kennard Street. Saat pekerjaan untuk mengangkat dan memindahkan bom itu dilakukan, zona pengosongan akan diperluas menjadi 250 meter dan lebih banyak warga yang harus dievakuasi.

“Kami berupaya melakukan operasi ini secepat mungkin dan meminimalkan gangguan. Ini penting agar semua langkah yang diperlukan dan pencegahan dapat menjamin ini aman,” papar pernyataan Kepolisian Metropolitan. Layanan Docklands Light Railway antara bandara dan Woolwich Arsenal juga ditutup.

Syarifudin