Edisi 13-02-2018
Kemenhub Dorong Kerja Sama dengan AP II


JAKARTA –Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mendorong PT Bintan Aviation Invest ment (BAI) bisa bekerja sama dengan PT Angkasa Pura (AP) II untuk mewujudkan pembangunan bandara baru di Pulau Bintan, Provinsi Ke pulauan Riau.

Direktur Jenderal Per hu - bung an Udara Kemenhub Agus Santoso mengatakan, kerja sama Bintan Aviation bersama AP II dimaksudkan untuk me - layani penerbangan interna sio - nal secara komersial. “Kerja sama itu kita dorong agar bisa menjadi bandara internasional yang sifatnya komersial. Kami mendorong pengelola banda ra - nya supaya bisa melakukan kerja sama operasi dengan AP II yang juga mengelola Bandara Raja Haji Fisabilillah di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau,” ujarnya di Jakarta, kemarin.

Saat ini BAI sedang mem bangun bandara di Bintan. Na - mun, perusahaan swasta itu hanya mendapatkan izin bandara khusus sehingga pengopera siannya terbatas dan belum menyeluruh bersifat komersial. Ma salah tersebut menye babkan pembangunan bandara ma - sih berjalan lambat. Dengan KSO, kata Agus, pe - ngelolaan bandara baru dan Bandara Raja Haji Fisabilillah ber ada di bawah satu mana je - men. Hal ini termasuk juga dalam pengelolaan navigasi pe - ner bangan yang berada di ba - wah satu induk. “Di bandara baru bisa didi ri - kan subtower air traffic controller (ATC) yang menginduk pada tower ATC Bandara Raja Haji Fisabilillah. Jarak kedua ban da - ra tersebut tidak jauh sehingga masih bisa dilakukan kerja sama itu. Kerja sama ini juga su - dah jamak dilakukan di dunia pe nerbangan internasional,” kata Agus.

Usulan kerja sama tersebut juga beralasan sebab dalam mengoptimalkan pembangunan infrastruktur di Indonesia. “Ini juga sesuai dengan ke bi jak - an pemerintah dengan harapan pembangunan tidak ter ham - bat, cepat terselesaikan, dan bisa bermanfaat mendorong ke majuan perekonomian dae - rah maupun nasional,” ujarnya. Sebagai informasi, setiap tahun sekitar dua juta wisa ta - wan asing berkunjung ke Ke pu - lauan Bintan dan menjadik an - nya sebagai destinasi keempat di Indonesia yang banyak di - kun jungi turis asing. Direktur Utama Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin mengatakan, siap mengem - bang kan kerja sama dengan pi - hak swasta dalam mengope ra - sikan bandar udara.

Dia ber alas - an, saat ini PT AP II me ru pakan pemegang dari izin Ba dan Usaha Bandar Udara yang me - mung kinkan pengope ra si an ban dara bisa dilakukan komersial. “Ya, kami pada da sar nya siap bekerja sama de ngan pihak manapun selama itu bisa memberikan imbal balik ke untungan bagi keduanya,” kata dia.

Ichsan amin