Edisi 13-02-2018
Selalu Memimpin dengan Pendekatan Hati


Kepala Eksekutif LEGO Group Jorgen Vig Knudstorp memiliki pengalaman panjang di LEGO Group. Itu lah kenapa dia memiliki model kepemimpinan yang matang.

Dia pun selalu dikaitkan dengan turun naik performa LEGO di seluruh dunia. Dia ditunjuk sebagai Kepala Eksekutif LEGO Group pada 2017. Sebelumnya, dia menjabat Pre si - den LEGO Group sejak 2004-2017. Dia juga pernah menjabat Wakil Presiden LEGO Group pada 1995-2004. Knud storp meru pa - kan orang yang di - anggap sebagai pe mimpin sukses dalam mengarahkan LEGO. Dia juga menjadi pemimpin LEGO yang bukan dari ka - lang an keluarga pendiri bisnis tersebut. Dulu sebelum Knudstorp ber gabung dengan LEGO, per usa - haan itu mengalami kerugian USD1 juta per hari. Sejak ma suk - nya Knudstorp pada 2004, LEGO menjadi perusahaan mainan pa - ling menguntungkan.

Tak heran jika kemudian dia ditunjuk sebagai chairman LEGO Group dan me - mim pin entitas baru bernama LEGO Brand Group. Tidak semata lihai dalam stra - tegi bisnis, pria asal Denmark itu juga menerapkan filosofi ke pe - mim pinan yang patut diteladani. “Dalam setiap mengambil ke pu - tus an harus selalu melibatkan hati,” ungkap Knudstorp yang per - nah menjadi guru taman kanakkanak tersebut dilansir The Wa - shing ton Post . Dia juga menghayati perannya sebagai pemimpin. Dia memiliki LEGO mini dengan gambar seperti dirinya. Dia juga selalu memo si si - kan hal unik dan alternatif dalam sentuhannya mulai dari kartu bisnis hingga ruangan kerjanya. Untuk menyelamatkan per usa - haan, Knudstorp menjual bukan aset utama LEGO, melakukan pe - mutusan hubungan kerja, dan memperbaiki hubungan dengan ritel.

Dia memfokuskan ulang LEGO dengan memproduksi bong karpasang plastik dengan melakukan pe nelitian etnografi untuk men - deteksi LEGO yang populer, khu - sus di kalangan anak-anak pe rem - puan. Setelah Knudstorp ber ga - bung dengan LEGO, perusahaan mengalami pertumbuhan pen da - patan pada 2005-2015 mencapai lima kali lipat. Di bawah ke pe mim - pinan dan tangan dingin Knud - storp, LEGO menjadi perusahaan mainan anak paling mengun tung - kan di dunia. Model kepemimpinan yang di - bentuk Knudstorp bukan di ru - mus kan dalam hitungan hari. Na - mun, dia merumuskan dan meng - aplikasikannya selama satu dekade lebih. Knudstorp juga selalu mem - berikan kesempatan keluarga be - sar pendiri LEGO untuk me rasa - kan pertumbuhan perusahaan.

Dia mengetahui kalau keluarga pemilik juga ingin memper tahankan brand LEGO seperti aslinya. “Saya menekankan tentang pen - ting nya perlindungan dan pe - ngembangan brand,” ujarnya. Cucu pendiri LEGO, Kjeld Kirk Kristiansen, memuji langkah Knud storp. “Knudstorp pemim - pin fantastik setelah pilihan be ri - siko yang dilakukannya pada 2004,” ujarnya. Knudstorp lahir pada 21 No - vember 1968 di Fredericia. Dia menjadi Kepala Eksekutif LEGO Group menggantikan Kjeld Kirk Kristiansen dan menjadi orang per tama dari bukan keluarga pen - diri LEGO yang memimpin per usa - haan mainan anak terbesar di du - nia.

Sebelum masuk kuliah di Uni - versitas Aarhus, dia pernah meng - ikuti Fredericia Gymnasium. Setelah meraih gelar sarjana, Knudstorp memulai karier sebagai aka demisi dan peneliti di al ma ma - ter nya hingga dia meraih gelar mas ter pada (1995) dan PhD (1998) dalam bidang ekonomi dari Uni versitas Aarhus. Meskipun tetap menjadi akademisi, Knud - storp kerap bekerja sebagai kon sul - tan bisnis pada 1998-2000. Knud - storp bergabung dengan LEGO pada 2001 setelah bekerja sebagai konsultan bisnis di McKinsey & Company.

Andika hendra