Edisi 13-02-2018
Angin Persaingan Terbuka


BARCELONA– Perjalanan Barcelona merebut gelar Primera Liga mulai berkelok. Tim Katalan justru memberikan angin segar bagi pesaing setelah bermain imbang melawan Getafe, Minggu (11/2).

Ini kedua kali secara beruntun Barca mengemas hasil imbang di Primera Liga. Sebelumnya mereka ditahan 1- 1 oleh rival sekota, Espanyol, Minggu (4/2). Parahnya lagi, untuk pertama kali sejak 2012, Lionel Messi dkk gagal melepaskan tembakan ke arah gawang lawan di babak pertama pada laga kandang Primera Liga. Akibatnya, meski masih memuncaki klasemen sementara dengan 59 poin, Barca belum sepenuhnya aman. Mereka kini hanya berselisih tujuh poin dari Atletico Madrid yang berada di peringkat 2. Kegagalan Barca meraih tiga poin ditanggapi serius Pelatih Ernesto Valverde.

Menurutnya, laga kontra Getafe merupakan sinyalemen bahwa perjuangan mereka meraih gelar Primera Liga bakal berjalan sulit. Itu tergambar jelas di lapangan. Barca yang diperkuat pemainpemain utamanya macam Messi, Luis Suarez, dan Philippe Coutinho dibuat frustrasi. Usaha mereka membangun serangan terganjal rapatnya pertahanan Getafe. Menurutnya, Getafe tim yang bagus dan sangat kuat dalam bertahan. Kegagalan menjebol gawang harus dibayar mahal Barca dengan terbukanya jalur persaingan.

“Untuk meraih gelar Primera Liga, kami harus mengeluarkan banyak keringat. Kami akan menemukan banyak tim yang akan membuat hidup kami menjadi tidak nyaman,” kata Valverde, dilansir Soccerway. Valverde tetap melihat sisi positif timnya. Pelatih berusia 54 tahun tersebut mengaku puas dengan performa Lucas Digne dan Yerry Mina yang dinilai sangat baik menjaga pertahanan. Itu sangat penting mengingat Barca sedang mengalami krisis bek tengah. Tercatat, Gerard Pique dan Thomas Vermaelen harus menepi karena cedera. Laga tersebut juga menandai comebackOusmane Dembele yang absen beberapa pekan akibat cedera.

Dembele masuk pada menit ke-63 menggantikan Pablo Alcacer. Valverde berharap pelajaran dari Getafe menjadi cambuk agar Barca meningkatkan penampilan, terutama saat berhadapan dengan Eibar pada lanjutan Primera Liga, Sabtu (17/2).“Ada berita bagus bahwa dua bek kami, yakni Digne dan Mina bekerja sangat baik. Ini memang tidak mudah. Tapi, mereka menjalankan peran di lapangan dengan bagus,”sebutnya. Gelandang Andres Iniesta rupanya memiliki pendapat tersendiri mengenai laga melawan Getafe. Dia menilai Barca mengalami kelelahan yang menyebabkan mereka tidak tampil optimal. Iniesta merujuk pada tiga laga sebelumnya yang dilakoni Blaugranadi mana jadwalnya sangat berdekatan.

Karena itu, gelandang tim nasional Spanyol tersebut meminta rekan-rekannya untuk pandai menjaga kondisi karena pekan depan Barca bukan hanya bermain di Primera Liga, tapi juga legpertama babak 16 besar Liga Champions. “Februari merupakan periode tersibuk musim ini. Kami harus membagi konsentrasi agar tampil baik di tiga kompetisi sekaligus. Kami harus menganalisis permainan seperti biasa. Kami harus beristirahat dan siap bangkit melawan Eibar,” tandasnya.

Alimansyah