Edisi 13-02-2018
6 Bulan Libur, 6 Bulan Kerja


JANGAN cari Yvon Chouinard di Kantor Patagonia di Ventura, California. Sebab, dia tidak akan ada di sana. Sebaliknya, silakan cari di rumahnya di kawasan terpencil di Moose, Wyoming.

Di sana Yvon menghabiskan waktunya bersama Melinda, sang istri yang juga co-founder. Yvon memiliki ponsel, tetapi jarang dinyalakan. Dia lebih suka dihubungi lewat telepon rumahnya. Dia tidak antiteknologi, tapi memang tidak suka menggunakannya. Sebagian besar waktunya dihabiskan untuk memancing. Jika memancing, dia bisa seharian. Sejak muda hingga sekarang, gaya hidup Yvon memang tidak berubah. Sampai sekarang pun dia tetap tergila-gila dengan alam. Hari-harinya dihabiskan dengan berkendara di pegunungan, mengun jungi teman-teman lama nya, serta memancing di sungai.

Beberapa waktu tertentu, Melinda mengi rim email ke sejumlah direktur, memastikan apakah ada hal-hal yang perlu dia dengar. Saat ini Yvon sudah tidak terlalu terlibat dalam urusan manajemen, hanya mengambil keputusan tertentu jika diperlukan. Gaya bekerja seperti ini pun sudah dilakukannya sejak bertahun-tahun lalu. Dia bisa menghilang selama berbulan-bulan untuk memanjat tebing, kayak, surfing , dan ski, serta berkelana di alam bebas. Tetap saja Patagonia menjadi lebih besar dan lebih aktif di bidang lingkungan.

Danang