Edisi 13-02-2018
Surfing Lebih Penting dari Bekerja


SEPANJANGhidupnya Yvon Chouinard berselancar, menjelajah berbagai tempat di dunia. Prinsip hidupnya adalah, jangan sampai bisnis atau pekerjaan menjadi penghadang jika ada ombak yang bagus.

Dan ternyata prinsip tersebut ia terapkan juga di karyawannya. “Kami memiliki kebijakan, jika ada ombak bagus, hentikan pekerjaanmu dan berselancarlah,” ujar Chouinard. “Saya tidak peduli kapan Anda bekerja selama semua tugas Anda selesai,” tambahnya. Chouinard, 78, belajar autodidak bagaimana cara berbisnis, tapi tidak pernah sekalipun mengalihkan passion -nya pada dunia outdoor . “Sampai sekarang saya selalu mengambil libur panjang, yakni mulai Juni sampai November,” katanya. “Saya memiliki tempat di Jackson Hole dan memancing setiap hari. Selama itu saya hanya kembali ke kantor tiga kali dalam 5 bulan. Staf saya tahu, jika tidak ada gudang yang terbakar, jangan hubungi saya. Lagi pula, apa yang harus saya kerjakan ketika semua staf sudah tahu tugasnya,” bebernya.

Ia lantas membandingkan stafnya dengan semut. “Koloni semut tidak memiliki bos. Karena semua orang tahu apa pekerjaannya dan bagaimana menyelesaikan pekerjaannya,” ungkap Chouinard. Selain memberikan kebebasan bagi karyawan untuk membagi waktu sendiri untuk bekerja dan surfing , Patagonia juga punya kebijakan tegas soal orang tua yang bekerja. Termasuk day care berkualitas yang disediakan oleh perusahaan. Menurut Chouinard, kualitas dari childcare sangat penting karena anak-anak belajar lebih banyak dari usia lahir sampai lima tahun dibandingkan sepanjang hidup mereka.

Meski mahal, Chouinard melihatnya sebagai investasi. “Saya memiliki 70 persen wanita yang bekerja untuk saya. Mulai dari bawah hingga upper management . Saya tidak mau kehilangan mereka,” sebutnya.

Danang