Edisi 13-02-2018
Pemko- Pertamina Bentuk Tim Awasi Elpiji 3 Kg


MEDAN –Wali Kota Medan T Dzulmi Eldin dan General Manager (GM) Pertamina Sumbagut Ery Widiastono sepakat dalam menyalurkan elpiji 3 kg bersubsidi kepada masyarakat miskin perlu pengawasan ketat.

Penyaluran yang terjadi saat ini masih dilakukan terbuka sehingga semua kalangan dapat menikmati dengan bebas. Kesepakatan ini tercapai ketika wali kota menerima kunjungan GM Pertamina Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) didampingi Manajer Gas Domestik Region 1 Sumbagut CD Sasongko. Hadir juga Ketua Bidang LPG Hiswanamigas DPC Sumut Totok Darma Nasution di Medan, Senin (12/2). Sebagai tindak lanjut dari kesepakatan tersebut, keduanya akan membentuk tim terpadu bersama Polrestabes Medan dan Kodim 0201/BS serta unsur terkait lainnya.

Tim terpadu selanjutnya akan melakukan pengawasan sekaligus pemeriksaan ketat terhadap pihak di luar warga kurang mampu. “Tim terpadu ini akan turun melakukan pemeriksaan, baik itu pengoplos, warung-warung makanan, maupun restoran, untuk mengecek apakah masih mempergunakan gas elpiji 3 kg. Jika terbukti masih mempergunakan langsung ditindak,” kata Eldin. Senada dengan GM Pertamina Sumbagut Ery Widiastono menegaskan, pihaknya akan bersikap tegas menindak agen dan pangkalan yang nakal menjualelpiji3kgdiatashargaeceran tetap (HET) yang telah ditetapkangubernur.

Denganupaya ini diharapkan penyaluran elpiji 3 kg dapat tepat sasaran untuk warga kurang mampu. Sementara untuk mendukung efektivitas tim terpadu dalam melakukan pengawasan, masyarakat dapat merespons pihak kelurahan jika menemukan ada pangkalan maupun warung-warung masih menjual elpiji 3 kg di atas HET yang telah ditetapkan. “Bagi warga yang masuk kategori mampu sudah disiapkan elpiji nonsubsidi kemasan 5,5 kg dan 12 kg,” kata dia.

Lia anggia nasution