Edisi 13-02-2018
Sinergitas dan Melayani dari Dekat Jadi Strategi Andalan


JAKARTA – Mubalig bergelar Datuk Marajo, H Mahyeldi Ansharullah MP, dilantik sebagai pada 13 Mei 2014. Begitu aktif menjalankan roda pemerintahan Kota Padang, Mahyeldi langsung menetapkan visinya. Yakni, mewujudkan Kota Padang menjadi kota pendidikan, perdagangan dan pariwisata yang sejahtera, religius dan berbudaya.

“Untuk mewujudkan visi ter sebut, saya tuangkan dalam 6 poin misi. Ya itu: me wu judkan pendidikan yang berkualitas, men jadikan Kota Pa - dang sebagai daerah tu juan wi - sata yang nyaman dan berkesan, me ningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pengembangan ekonomi ke rak yatan, men cip - takan kota yang aman, ber sih, tertib, bersahabat dan meng - har gai kearifan lokal, serta me - wu judkan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih, dan me layani,” kata Mah yeldi saat memaparkan visi, misi dan pen - capaian kinerjanya di pro gram acara Indonesia Visionary Lea - der Tahap II yang digelar di Audi torium Gedung Sindo, Ja karta, Rabu (24/1).

Dalam menjalankan pem ba ngun an di Kota Pa - dang, Mahyeldi me nerapkan 3 strategi inovasi yakni, dekat me layani, sinergitas dan mo - ney follow program. Dekat melayani adalah ak - ti vitas Mahyeldi melakukan sa - fari salat Jumat di masjid-mas jid di Kota Padang, lalu me la ku kan penanganan anak jalanan, sing - gah saur pada bulan Ra ma dan, dan merapikan pasar. Sedangkan strategi sinergitas adalah upaya Pemerintah Ko ta Pa - dang melakukan sinergi ker ja dengan institusi dan ma sya rakat dalam pem ba - ngun an kawasan wisata di Kota Padang.

Untuk mendukung pem ba ngun an wisata, Pemkot Pa dang telah mem ba - ngun pe des trian di sepanjang Pantai Pa - dang dan menjaga konsistensi ke ber - sihan serta ketertiban di setiap lokasi wisata. Pemkot Padang juga bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Su matera Ba - rat dengan mem bangun jalan 2 jalur, pe - ma sang an batu grip, pembangunan toilet dan musala, serta penyiapan collecting pound. Sinergi dengan BUMN/BUMD berupa pembuatan Ta man Muaro Lasak dan pembuatan Ta man IORA. Sinergi dengan TNI Ang kat an Laut yakni membangun Tugu Per damaian. Pemkot Padang juga bersinergi de - ngan masyarakat dengan kegiatan go - tong royong.

Selain itu, hasil sinergi de - ngan program corporate social res pon - sibility (CSR) perusahaan swasta di an ta - ra nya adalah pembuatan Taman Muaro Lasak dan Taman IORA. Sedangkan strategi money follow program adalah strategi yang dijalankan Wali Kota Padang dengan memfokuskan anggaran untuk program-program dan kegiatan satuan perangkat kerja daerah (SKPD) dengan penajaman tertentu. “Kami punya 10 program unggulan Kota Padang. Di antaranya yakni, pen di - dikan, pembangunan terminal, rehab ru mah, pasar, dana operasional RT/RW, mem berikan santunan, kesehatan, men cetak 10.000 wirausaha baru, pa - riwisata, dan tunjangan bagi PNS,” jelas Mahyeldi.

Ada satu hal menarik dari ke pe - mimpinan Mahyeldi, yakni kepeduliannya terhadap pendidikan karakter dan anak-anak. Bahkan berkat kebijakannya yang pro anak, Pemkot Padang meraih pre di kat Kota Layak Anak kategori Nindya oleh Kementerian Pem - ber da ya an Pe rem puan dan Perlindungan Anak (KPPPA). Kota Padang punya program ter - sendiri untuk menambah kedekatan an - tara orangtua dan anak. Salah satunya dengan program 18-21. Yakni program yang meminta orang tua untuk me ning - galkan gadget-nya pada jam 18.00 hingga 21.00 WIB. Kurun waktu tersebut di - manfaatkan orang tua untuk ber ko mu - ni kasi, mengajak anak belajar, ber ibadah dan mengaji.

“Sebab fakta di la pangan anak terjerat narkoba dan tawuran di jalan, semua orang tua mengakui karena kurang perhatian dari orang tua,” kata Mahyeldi.

Nuriwan trihendrawan/ tim litbang koran sindo