Edisi 13-02-2018
Pimpinan DPRD Salahgunakan Mobdin


SIMALUNGUN – Sejumlah pimpinan DPRD Simalungun menyalahgunakan pemakaian kendaraan dinas dengan meminjam pakaikan kepada kerabat dan keluarganya.

Informasi yang diperoleh KORAN SINDO, mobil dinas yang disalahgunakan pemakaiannya oleh ketua dan dua wakil ketua DPRD Simalungun, yaitu dua mobil dinas (mobdin) Daihatsu Terios dan satu mobil Mitsubishi Pajero. Mobil dinas yang seharusnya sudah ditarik oleh Pemkab Simalungun, karena sesuai dengan ketentuan pimpinan DPRD Simalungun, hanya diberikan satu kendaraan dinas. Namun, kenyataannya kendaraan dinas pimpinan dewan lebih dari satu. Ironisnya, salah satu kendaraan dinas pimpinan dewan digunakan untuk kepentingan dinas suami pimpinan dewan yang bertugas di Kota Pematangsiantar.

Kemudian ada juga kendaraan dinas pimpinan dewan yang digunakan untuk mengantar jemput anak dan istrinya serta dipinjamkan kepada salah seorang anggota DPRD Simalungun yang dinilai vokal. Sekretaris DPRD Simalungun Jontalidin Purba yang dikonfirmasi, kemarin pagi, membenarkan adanya pinjam pakai kendaraan dinas oleh pimpinan dewan. “Memang benar ada kendaraan dinas yang dipinjam pakaikan oleh pimpinan DPRD Simalungun,” ujarnya. Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Bina Daya Sejahtera Simalungun (Bidadesi) Andre Christian Saragih menyesalkan sikap pimpinan DPRD Simalungun yang dinilai tidak beretika dengan menggunakan aset pemerintah daerah untuk kepentingan kerabat dan keluarganya.

“Saya menilai pimpinan DPRD Simalungun tidak beretika karena menggunakan kendaraan dinas yang merupakan aset Pemkab Simalungun untuk kepentingan keluarganya. Padahal, mereka sudah menggunakan kendaraan dinas yang cukup mewah,” sebut Andre.

Ricky hutapea