Edisi 14-02-2018
Anggun Berkibar di Top 5 Billboard


JAKARTA – Anggun semakin menancapkan kukunya di belantika musik internasional. Lagu terbarunya, What We Remember, terus merangkak naik di tangga lagu Billboard.

Hingga kemarin berada di posisi Top 5. Musisi kelahiran Indonesia itu mengaku kaget sekaligus bangga sekali. Anggun mengucapkan terima kasih kepada para penggemarnya dan disc jockey (DJ) yang me-remixed dan membantu memopulerkan lagu tersebut. “Saya sangat senang melihat respons yang menakjubkan atas lagu saya di komunitas dance di Amerika.

Saya sangat berterima kasih kepada para DJ (disc jockey),” ucap pelantun Tua-Tua Keladiini. Lagu WhatWeRemembersudah bertahan se lama tujuh pekan di Billboard. Posisinya terus merangkak naik di setiap pekan. Atas prestasi ini, Anggun menjadi penyanyi perempuan Indonesia pertama yang masuk lima besar Billboard. Lagu lain Anggun beberapa tahun lalu, Snow on The Sahara, juga pernah berada di urutan ke-16.

Pada pertengahan Januari lalu, lagu What We Remember sud ah berada di posisi ke-38 di atas IMissYou (CleanBanditfeatJulia Michaels) dan di bawah Ready for It? (Taylor Swift). Perem puan ber usia 43 tahun itu mengunggahnya melalui Instagram. “Terima kasih atas loncatan ini dari #50 ke #38 pada pekan ini,” kata Anggun.

Billboard sempat menyebut What We Remember sebagai lagu dengan predikat “Gains in Performance” mengingat pamor nya yang terus melam bung. Lagu tersebut masih berpotensi merangkak naik di tangga Billboard. Performa ini menunjukkan popularitas Anggun di internasional meningkat setelah menjadi juri Asia’s Got Talent.

Banyak netizen yang mengucapkan selamat kepada Anggun di media sosial, baik dari Indo nesia atau Prancis. Lagu What We Remember merupakan karya Anggun yang dirilis pada 7 Desember 2017. Lagu tersebut merupakan bagian dari album terbaru Anggun yang berjudul 8, album kelima berbahasa Inggris miliknya.

Anggun merupakan salah satu penyanyi Indonesia yang ter kenal hingga ke AS dan Eropa. Penyanyi Indonesia lain yang meraup kesuksesan seperti Anggun adalah Agnez Mo. Dengan demikian, tak heran jika penggemar keduanya sering ber seli sih. Namun, Anggun meng hadapi berbagai persoalan itu dengan tenang. Anggun yang cukup aktif menggunakan Twitter dan Instagram menepis rumor jika hubungannya dengan Agnez juga menjadi tidak akur.

“Aku tidak mengerti mengapa orangorang melihat kami sebagai kompetitor. Aku sangat meng hor mati Agnez. Dia sangat ber bakat dan aku selalu berharap yang terbaik untuknya,” kicaunya. Selain itu, ibu satu anak tersebut juga meminta para netizen berhenti membangun peperangan palsu di media sosial sebab Anggun merupakan se orang seniman yang mendedikasikan dirinya di dunia hibur an untuk membagikan kasih sayang dan cinta.

Agnez pun turut buka suara dan membalas kicauan Anggun. Pelantun Coke Bottle itu sepakat dengan Anggun. “Saya juga menghormatimu. Kami selalu saling mendukung satu sama lain (tapi kami tidak perlu memamerkannya di media sosial, guys!). Genre kami memang berbeda, tapi kami sama-sama menyukai musik,” katanya.

Kesuksesan Anggun di panggung internasional juga sampai pada masalah yang sensitif, yakni kewarganegaraan. Bebe rapa orang sempat ber komen tar nyinyir dan menyebut Anggun bagai kan kacang yang lupa kulit nya. Dalam suatu wawancara, Anggun menerangkan kepindahannya ke Prancis dilator belakangi oleh kekecewaan.

Anggun mengaku tidak mendapatkan dukungan dari Pemerintah Indonesia untuk mengembangkan kariernya. “Aku ingin dibantu seperti di per mudah soal visa. Aku minta ke orang KBRI karena KBRI ba nyak fasilitas supaya diper mudah setiap kali promosi ke luar negeri, tapi Pak Dubes se lalu bilang, ‘Enggak ah, enggak bisa’,” katanya. Anggun pun berganti kewarganegaraan pada 1994.

“Kini malah banyak orang Indonesia mengkritik aku. ‘Oh dia seperti kacang lupa kulitnya. Ganti kewarganegaraan’. Padahal, enggak ada hubungannya sama sekali. Aku kadang suka menye sal mem beri informasi (pres tasi) ini karena banyak orang bicara yang enggak-enggak,” imbuhnya. Di Prancis karier Anggun melesat dan bertahan sangat lama.

Dia bahkan memperoleh penghargaan karena meng ang kat budaya Prancis. Meski demikian, Anggun mengaku tidak pernah melupakan Indonesia. Di setiap sesi wawancara dengan media massa asing dia bahkan selalu menyebut dan membela Indonesia.

muh shamil


Berita Lainnya...