Edisi 14-02-2018
Mantan GM Jasa Marga Dituntut Dua Tahun


JAKARTA - Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK menuntut mantan General Manager PT Jasa Marga (Persero) Tbk Cabang Purbaleunyi Setia Budi dengan pidana selama dua tahun penjara.

JPU yang terdiri atas ketua Subari Kurniawan dengan anggota Rony Yusuf, Mohamad Nur Azis, dan Hendra Eka Saputra, menilai Setia Budi dalam kapasitas jabatannya sebagai general manager PT Jasa Marga (Persero) Tbk Cabang Pur ba - leunyi terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah menurut hukum melakukan tindak pidana korupsi (tipikor) dalam de lik pemberian suap.

Dari fakta-fakta persidangan, JPU meyakini, Setia Budi telah memberikan dua bentuk suap kepada terdakwa pe ne rima suap Sigit Yugoharto. Ke - tika suap menyuap terjadi, Si - git me rupakan Auditor Madya pada Sub Auditorat VII B2 Ba - dan Pe meriksa Keuangan (BPK) se ka ligus Ketua Tim Pe - meriksa BPK yang me lak - sanakan pemerik saan dengan tujuan tertentu (PDTT) atas pengelolaan pen dapatan usa - ha, pengendalian biaya, dan ke giatan investasi PT Jasa Marga (persero) Tbk.

Dua bentuk suap, pertama, beberapa kali fasilitas hiburan malam bersandi “rapat malam” di Karaoke Las Vegas Plaza Se - manggi, Jakarta, dengan nilai pembayaran lebih dari Rp60 juta. Kedua, satu unit motor Har ley Davidson Sportster 883 tahun 2000 bekas warna hitam nomor polisi B 5662 JS seharga Rp115 juta.

Dari fakta-fakta persidangan juga diyakini, suap tersebut terkait pengubahan hasil temuan BPK atas PDTT ter hadap pengelolaan pen da - patan usaha, pengendalian bia - ya, dan kegiatan investasi PT Jasa Marga (persero) Tbk Ca - bang Purbaleunyi pada 2015 dan 2016.

Temuan kelebihan pem ba - yaran dengan total hampir Rp10 miliar dalam dua tahun (dengan potensi kerugian ne - gara lebih Rp4,653 miliar pada 2015) diubah jadi Rp842,964 juta. Temuan tersebut terkait pekerjaan pemeliharaan perio - dik, rekonstruksi jalan, dan pengecatan marka jalan.

Satu di antaranya pekerjaan scrapping, filling , dan overlay (SFO) serta rekonstruksi perkerasan pada ruas Jalan Tol Cipularang Pur - ba leunyi yang dilaksanakan oleh PT Marga Maju Mapan (PT 3M).

“Menuntut agar majelis ha - kim Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Jakarta Pu - sat memutuskan, menjatuhkan pidana kepada terdakwa Setia Budi dengan pidana penjara selama 2 tahun ditambah pi - dana denda Rp100 juta dengan ketentuan bila tidak dibayar, diganti dengan pidana ku - rungan selama 3 bulan,” ungkap JPU Subari Kurniawan saat membacakan surat tuntutan di Pengadilan Tipikor Jakarta kemarin.

JPU Subari meng ga riskan, perbuatan terdakwa Setia Budi sesuai dengan Pasal 5 ayat (1) huruf b UU Pem berantasan Ti - pikor jo Pasal 64 ayat 1 KUHPidana. Dalam menyusun tuntutan, JPU mem per tim - bang kan hal-hal memberatkan dan meringankan. Pertimbang - an memberatkan bagi Setia, yakni tidak mendukung pro - gram pemerintah dalam pemberantasan korupsi.

Yang meringankan untuk Setia ada tiga. Masing-masing belum per - nah dihukum dan berlaku so - pan selama persidangan. “Ter - dakwa mengakui dan menyesali perbuatan,” ujar Subari. Atas tuntutan JPU, Setia Budi dan tim penasihat hu kum - nya memastikan akan meng - ajukan nota pembelaan (pleidoi).

Majelis hakim yang di ketuai Ni Made Sudani meng agendakan pembacaan pleidoi pada nota pembelaan (pleidoi), pada 5 Maret nanti. Disusul kemudian pembacaan putusan pada 8 Maret.

sabir laluhu

Berita Lainnya...