Edisi 14-02-2018
Teman Mantan Presiden Korsel Divonis 20 Tahun Penjara


SEOUL - Teman mantan Presiden Korea Selatan (Korsel) Park Geun-hye, Choi Soon-sil divonis 20 tahun penjara dalam kasus korupsi yang mengguncang negara itu.

Keputusan pengadilan Seoul itu diumumkan kemarin. Pengadilan juga memvonis Chairman Lotte Group Shin Dong-bin dengan hukuman penjara dua setengah tahun dalam kasus yang sama. Choi divonis bersalah karena menerima suap dari para konglomerat Korsel, termasuk Samsung dan Lotte Group.

Park telah dipecat dari posisinya sebagai presiden pada Maret lalu, setelah dimakzulkan dan menjalani pengadilan terpisah dalam kasus penyuapan, penyalahgunaan kekuasaan, dan pemaksaan. Park menyangkal semua tuduhan tersebut.

Hakim Kim Se-yun menyatakan, Park melepas tanggung jawab konstitusional dan memberi posisi serta kekuasaan kepada orang lain dan Choi menggunakan posisinya untuk memonopoli bisnis negara dan mencari keuntungan pribadi. Kejaksaan semula meminta hukuman penjara 25 tahun terhadap Choi atas tuduhan pemaksaan, penyuapan, memengaruhi kekuasaan, dan penyalahgunaan otoritas.

Pengacara Choi, Lee Kyungjae menyatakan, dia khawatir bahwa kliennya mendapatkan vonis berat karena hakim membentuk keputusannya berdasarkan argumen jaksa. Lee akan mengajukan banding atas keputusan pengadilan tersebut. Shin Dong-bin berada di pengadilan saat vonis hakim dibacakan dan telah dibawa ke penjara.

“Tindakannya merusak harapan dan kepercayaan masyarakat serta rakyat. Memberi suap merusak kejujuran masyarakat,” papar hakim Kim Se-yun, dikutip kantor berita Reuters .

syarifudin



Berita Lainnya...