Edisi 14-02-2018
JK Dorong Tokoh Muda Dampingi Jokowi


JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mempersilakan tokoh muda untuk mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam bursa Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Politikus Partai Golkar ini memastikan tidak akan turun gelanggang dalam Pilpres 2019. Penegasan ini disampaikan JK setelah terdengar kabar jika Presiden Jokowi ingin kembali berpasangan dengan tokoh asal Makassar tersebut dalam Pil - pres 2019. JK pun membantah jika ada kabar bahwa dirinya ber niat mencalonkan kembali dalam Pilpres 2019.

“Namanya kabar, tanya sama yang mem - beri kabar. Saya sudah katakan, saya ini mempertimbangkan dari segi umur, yang muda-mu - da saja,” ujar di Kantor Wapres, Kompleks Istana Negara, Ja - karta, kemarin. JK pun mengatakan meski tidak mencalonkan, dia tetap akan mendukung Jokowi ka re - na masih muda. Terkait cara men dukungnya, JK enggan me - nyebutkan.

Namun, ada be - berapa hal yang perlu di per ha - tikan untuk memilih pasangan cawapres yang tepat. “Saya kira semua tokoh beda-beda peng - alaman dan caranya. Tapi tentu (perlu) bagaimana seorang to - koh yang bisa membantu ke ter - pilihan. Selain itu, juga mem - ban tu dalam hal pekerjaan,” pa - parnya.

Berdasarkan jajak pendapat Lingkaran Survei Indonesia- Deny JA (LSI-Deny JA) Januari lalu, bursa wakil presiden bakal lebih seru dibandingkan bursa calon presiden. Kondisi ini tidak terlepas masih dominannya fi - gur Jokowi dan Prabowo Su - bian to sebagai calon presiden ter kuat. Terkait bursa wapres, LSI-Deny JA menjaring be bera - pa nama berdasarkan latar be la - kang profesi yang disodorkan kepada responden.

Diantara - nya Agus Harimurti Yudho yo - no (AHY), Gatot Nurmantyo, Muhaimin Iskandar dan TGB M Zainul Majdi. Anggota Dewan Syura DPP PKB Maman Imanulhaq me - nga takan, di internal partai te - lah bulat mendukung penca lon - an Ketua Umum DPP PKB Mu - haimin Iskandar sebagai calon wakil presiden (cawapres) da - lam Pilpres 2019.

Menurutnya, Muhaimin secara objektif me - menuhi kriteria yang dibu tuh - kan untuk duduk sebagai calon wakil presiden Indonesia. Pria yang akrab disapa Cak Imin tersebut telah berpengalaman di lembaga legislatif ataupun eksekutif. Cak Imin pernah men duduki jabatan sebagai wakil ketua DPR ataupun se ba - gai menteri tenaga kerja dan transmigrasi 2009-2014.

“Ka - mi akan terus mem per juang - kan Cak Imin menjadi calon wakil presiden. Dari prestasi, Cak Imin pernah menjadi wakil ketua DPR selama dua periode, kemudian pernah menjadi men teri tenaga kerja dan trans - mi grasi periode 2009-2014,” ujar nya saat dihubungi KORAN SINDO tadi malam.

Maman menuturkan, dari segi kemampuan manajerial, Cak Imin merupakan figur mu da yang mampu membawa PKB bangkit dari keterpurukan se - telah mengalami konflik pa n - jang. Cak Imin mampu me ngon - solidasikan kekuatan internal PKB yang sempat tercerai-berai dan perlahan mengembalikan hubungan baik dengan elemenelemen NU struktural ataupun kultural.

“Saat ini Cak Imin juga terus mengembangkan hu bung - an baik dengan berbagai elemen lain di luar NU untuk menun juk - kan cara ber po litik NU yang mengedepankan jalan te ngah dalam mencari solusi problempro blem bangsa,” katanya. Sementara itu, Wakil Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Syarief Hasan menga takan PD telah memutuskan bakal mengusungAgusHa rimurtiYudho y ono (AHY) da lam Pilpres 2019.

Putra Pre si den ke-6 Susilo Bambang Yudho yono (SBY) tersebut dipandang mempunyai kapa bilitas mumpuni sebagai calon presiden atau pun calon wakil presiden da - lam Pil pres 2019. “Su dah menjadi ke - putusan Par tai Demo krat untuk calon - kan AHY sebagai calon pre si den atau wakil pre - siden. Saat ini AHY sedang intens lakukan komu nikasi dengan rakyat,” ujar nya.

Sementara itu, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Har - tarto menyatakan belum ter be - sit untuk mencalonkan diri menjadi cawapres. Menu rut - nya, hal terpenting saat ini me - ning katkan elektabilitas par - pol. “Kita kerja dulu. Kemudian yang kedua, kita akan terus bekerja untuk rakyat kita akan me ningkatkan elektabilitas Par tai Golkar,” ucapnya.

dita angga/mula akmal


Berita Lainnya...