Edisi 14-02-2018
Kemenhub Target PNBP 2018 Rp9 Triliun


JAKARTA - Kementerian Perhubungan menargetkan pen dapatan negara bukan pajak atau PNBP tahun ini bisa men capai Rp9,001 triliun.

Angka tersebut meningkat dib a ndingkan realisasi tahun 2017 sebesar Rp7,23 triliun. ”Target PNBP kita semakin me ningkat sekitar Rp9 triliun atau meningkat di ban ding kan rea lisasi 2017 sebesar Rp7,23 tri liun, karena saya ti dak bosan un tuk meng ingat kan juga, ja - ngan tergoda de ngan ke nikmat an sesaat,” ujar Men teri Per hubungan Budi Kar ya S uma di ketika mem be ri kan pem - be k alan Kuasa Peng guna Angg ar an di Jak ar ta, kemarin. Menhub Budi Karya juga me n argetkan pada akhir Ma - ret 2018 seluruh kegiatan stra tegis sudah dilelangkan. Ta rget lelang pada akhir Maret d i harapkan bisa menunjang pe nyerapan di lingkup Ke - men te rian Perhubungan.

”Ya, kalau itu dilelang bu - lan Maret, paling lambat itu sa tu setengah bulan atau dua bu lan berikutnya sudah ter jadi. Jadi, kalau nanti ternyata ga gal lelang, masih bisa dimung kinkan diulangi lagi p ada Mei dan Juli, berarti pe nyerap annya lebih baik, ada inves tasi, berarti menunjang pro ses investasi yang ada di Indo nesia,” kata Budi. Menurut Budi, Ke men terian Perhubungan akan me la ku - kan upaya meningkatkan ka - pa sitas dan volume pe la yan an trans portasi serta me ningk at - kan monitoring dan eva luasi ter hadap pe mungut an PNBP me lalui sistem pem ba yaran se - ca ra elektronik. Upa ya ter se - but diharapkan bi sa me m e - nuhi target PNBP 2018.

”Selain itu, kita juga akan me ningkatkan pe ng awas an dan pengendalian in ter nal, baik as pek ad mi nis tra tif maupun tek nis, serta meng gali potensi yang bisa meng hasilkan PNBP me lalui kon sesi dan opt ima li sasi pe man faatan,” katanya.

Ichsan amin