Edisi 14-02-2018
RI Surplus Dagang USD1,47 Miliar dengan Taiwan


JAKARTA - Indonesia membukukan surplus perdagangan senilai USD1,47 miliar dengan Taiwan pada 2017, yang di dorong oleh peningkatan ekspor.

Tahun ini ekspor ke Taiwan ditar getkan meningkat 7,8%. Pada periode Januari-Novem ber 2017, ekspor Indonesia ke Taiwan mencapai USD4,4 mi liar atau tumbuh 12,06% di ban dingkan periode yang sama pa da 2016. Selama Januari-No v e mber 2017 In - do nesia meng alami surplus per dagangan USD1,47 miliar dari perd a ganga n dengan Tai - wan. Angka ini naik 3,06% di - ban dingkan pe riode yang sa - ma pada 2016. Selama Januari-November 2017 total perdagangan Indo - ne sia dengan Taiwan mencapai USD7,34 miliar atau naik 14,06% (yoy) dibandingkan pe - rio de yang sama pada 2016. Saat ini Indonesia menjadi negara asal impor urutan ke-10 dengan ni lai USD4,40 miliar atau 1,86% da ri total impor Taiwan.

Ekspor uta ma Indonesia ke Taiwan pa - da 2017 didominasi oleh batu ba ra, gas alam, minyak mentah, ka pasitor elektrik, dan timah yang belum ditempa. Kepala Kantor Dagang dan Eko nomi Indonesia (KDEI) Tai - pei Robert J Bintaryo melalui ke terangan tertulis meng at a - kan, KDEI Taipei akan terus men dorong peningkatan eks - por ke Taiwan dan diharapkan In donesia akan selalu surplus per dagangan dengan Taiwan. Pada 2018 ekspor Indonesia ke Taiwan ditargetkan naik 7,8%.

Produk yang menjadi tar - get untuk ekspor antara lain pro duk makanan dan mi num - an, furnitur, kerajinan, per ta ni - an, bahan tambang, alas kaki, gar men, perikanan. Sementara itu, impor utama Indonesia dari Tai wan didominasi oleh minyak b umi olahan, kain rajutan, ko n - den sor untuk tenaga uap, kain da ri serat sintetis, serta mesin un tuk manufaktur produk plastik dan karet. Menurut Robert, KDEITai pei secara berkelanjutan me la ku kan promosi produk In d o ne sia dengan ber par ti sipa si dalam pa meran berskala in ter na sio nal di Taiwan. Be bera pa pa mer an yang diikuti pa - da tahun lalu an tara lain Taiwan In ter na tio nal Halal Expo, Tai wan Fishe ries and Seafood Show 2017, dan Agriculture Week 2017, ser ta Taiwan Coffee Show 2017.

Selain itu, strategi yang di laku k an untuk meningkatkan eks por Indonesia ke Taiwan an - ta ra lain misi dagang, misi pembe lian yang juga terintegrasi de - ngan promosi investasi, pa ri wi - sa ta, dan kerja sama industri.

Inda Aset